Sehat dan Bugar

10 Trik Agar Rambut Indah Meski Pakai Jilbab

dr. Dyah Novita Anggraini, 08 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rambut indah dapat dimiliki oleh semua wanita, termasuk Anda yang memakai jilbab. Ini triknya.

10 Trik Agar Rambut Indah Meski Pakai Jilbab

Bagi wanita yang memakai jilbab, memiliki rambut indah adalah perkara yang tidak mudah. Sebab, rambut rontok atau pengelupasan kulit kepala sangat sering terjadi akibat rambut yang tertutup seharian.

Jika Anda memakai jilbab, jangan langsung berkecil hati. Trik di bawah ini bisa Anda lakukan agar rambut tetap indah:

  1. Pilih bahan katun atau sutraJilbab berbahan katun atau sutra memberikan sirkulasi udara yang baik, sehingga kepala tidak mudah berkeringat. Pada akhirnya, ini akan mencegah ketombe ataupun gatal di kulit kepala Anda.
  2. Hindari mengikat rambut terlalu kencangHindari mengikat rambut terlalu kencang, karena menyebabkan rambut mudah patah. Selain itu, sebaiknya hindari mengikat rambut dengan menggunakan karet, karena berpotensi membuat rambut rontok saat ikatan dilepaskan.
  3. Rutin keramasKulit kepala akan secara normal memproduksi minyak. Jika rambut sering tertutup jilbab, sebaiknya Anda rutin keramas. Dengan begitu, kulit kepala Anda akan tetap bersih dan terjaga dari kerusakan. Namun sebelum keramas, pastikan rambut sudah Anda sisir terlebih dahulu. Tujuannya untuk mencegah rambut rontok berlebihan.
  4. Keringkan rambut sebelum pakai jilbabSebelum pakai jilbab, pastikan rambut Anda sudah kering. Sebab, rambut basah yang tertutup jilbab akan membuat kulit kepala menjadi lembap dan memicu timbulnya ketombe.
  5. Istirahatkan rambutSaat tidak memakai jilbab, sebaiknya biarkan rambut Anda tergerai tanpa ikatan. Hal ini akan membuat rambut istirahat, dan mencegah kerontokan yang lebih parah.

Tetap Indah Walau Berhijab

6. Rutin potong rambutPotong rambut secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap 4-6 minggu sekali. Selain mencegah ujung rambut mudah patah, tindakan ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. 7. Nikmati sinar matahariSinar matahari mengandung vitamin D, yang dapat membantu mengurangi rambut rontok. Karena itu sebelum beraktivitas, sebaiknya biarkan rambut terpapar sinar matahari dari dalam ruangan selama 30 menit. 8. Ganti arah belahan rambutJika dilakukan secara rutin, mengganti arah belahan rambut dapat mencegah kerontokan rambut bagian depan.9. Sisir rambut AndaSelain memperlancar peredaran darah di kepala, menyisir rambut dua kali sehari juga bisa mencegah rambut kering dan kusam. 10. Pijat rambut AndaPijat rambut secara rutin agar kulit kepala tidak kering dan peredaran darah lancar. Gunakan vitamin rambut saat melakukan pemijatan agar rambut Anda turut terjaga kesehatannya.

Selain trik di atas, pastikan kebutuhan gizi harian Anda terpenuhi. Anda bisa memasukkan salmon, telur, bayam atau makanan tinggi protein lainnya ke dalam menu harian. Dengan begitu, rambut indah meski pakai jilbab bukan lagi sekadar angan- angan belaka.

(NB/ RH)

JilbabRambutRambut Indah

Konsultasi Dokter Terkait