Sukses

8 Camilan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Benarkah, mengonsumsi camilan sebelum olahraga dapat membantu tubuh lebih banyak membakar kalori?

Klikdokter.com, Jakarta Sama halnya seperti kendaraan yang membutuhkan bahan bakar untuk terus berjalan. Tubuh juga memerlukan asupan makanan untuk mendapatkan energi. Terlebih saat akan olahraga.

Makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, berolahraga secara teratur tidak akan membuat tubuh sehat bila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi.

Mengonsumsi camilan sebelum berolahraga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori yang dapat menurunkan berat badan. Malah, jika berolahraga dengan perut kosong tubuh akan banyak kehilangan massa otot.

Saat tubuh kelaparan, maka tubuh akan membakar protein yang terdapat di jaringan otot. Ketika massa otot berkurang, metabolisme tubuh pun ikut melambat sehingga lebih sulit menurunkan berat badan Anda.

Oleh karena itu, dibutuhkan karbohidrat yang tepat, protein tanpa lemak, lemak tak jenuh, serta mengonsumsi banyak air sebelum memulai olahraga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga Anda tidak akan merasa lemas.

Tapi camilan seperti apa yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Sandwich dengan daging tanpa lemak dan salad
  2. Omelet dengan sepotong roti
  3. Nasi merah dan daging tanpa lemak
  4. Sereal dengan susu rendah lemak
  5. Oatmeal dengan potongan pisang diatasnya
  6. Nutrition bar yang banyak dijual di pasaran
  7. Buah-buahan seperti apel dan pisang
  8. Yoghurt

Jika hanya memiliki waktu kurang dari 1 jam, sebaiknya konsumsi camilan yang lebih ringan dan mudah dicerna oleh tubuh. Misalnya: sepotong roti atau satu cangkir yoghurt.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah camilan tepat dan bergizi serta makanan yang memudahkan tubuh untuk dapat dicerna sebelum olahraga. Selamat mencoba!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar