Sukses

4 Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah Berjerawat

Wajah berjerawat? Tidak usah bingung. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Sejak zaman kuno, lidah buaya atau aloe vera dikenal berkhasiat mengatasi masalah kesehatan, terutama untuk kulit dan kecantikan. Konon, Ratu Mesir Cleopatra dan Nefertiti, rutin menggunakan lidah buaya dalam ritual kecantikan mereka.

Namun bukan hanya para ratu saja yang tergila- gila dengan manfaat tanaman yang satu ini. Kaisar Alexander Agung dan Christopher Columbus pun biasa menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka tentara mereka.

Jika dibelah, daging lidah buaya berbentuk seperti jeli yang berlendir. Daging lidah buaya inilah yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral antara lain. Mulai dari vitamin A, B12, C, E –yang merupakan antioksidan kuat, asam folat, kolin, kalsium, dan zink.

Karena kaya akan vitamin dan mineral, lidah buaya pun berkhasiat mengatasi jerawat di wajah Anda. Berikut ini manfaat lidah buaya untuk wajah berjerawat:

  1. Antiperadangan

    Jerawat terjadi karena proses peradangan. Lidah buaya dapat meredakan peradangan tersebut, sehingga mempercepat meredakan jerawat yang merah, menggembung, dan nyeri.

  2. Menghilangkan bekas jerawat

    Lidah buaya juga mengandung zat yang dapat mempercepat pembentukan kolagen, sehingga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik.

  3. Pelembap untuk wajah berjerawat

    Meskipun wajah berjerawat umumnya berminyak, bukan berarti tidak butuh pelembap. Apalagi, obat jerawat biasanya memiliki efek mengeringkan kulit. Lidah buaya tidak menyumbat pori, sehingga aman untuk wajah berjerawat.

  4. Antibakteri

    Lidah buaya memiliki efek antibakteri, sehingga dapat menghalau bakteri penyebab jerawat. Tidak usah ragu menggunakan lidah buaya untuk mengatasi wajah berjerawat. Sebab lidah buaya sudah terbukti aman digunakan sebagai kosmetik dan bahan perawatan wajah.

Urusan jerawat tak melulu harus diatasi dengan obat- obatan yang harus dibeli di apotek atau took obat. Manfaatkan saja tanaman seperti lidah buaya atau aloe vera yang bisa Anda tanam di kebun Anda.

(BA/ RH)

1 Komentar

  • Nufa Lufi

    Dok mau tanya, sebenarnya apa penyebab menstruasi yang tidak teratur itu? contohnya siklusnya tidak teratur, seharusnya per 28 hari, tetapi malah 2 bulan sekali. Terima kasih atas jawabannya ...