Sukses

5 Mitos Haid yang Wajib Anda Ketahui

Banyak mitos haid yang menyesatkan berkembang di masyarakat. Sayangnya, sebagian wanita masih memercayai hal tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Haid merupakan suatu siklus periodik bulanan yang akan dialami oleh setiap wanita yang telah masuk masa pubertas. Kondisi tersebut dikarenakan tidak terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma di dalam rahim. Masalahnya, meski jaman telah berkembang, ada banyak mitos haid yang masih diyakini oleh sebagian orang.

Berikut ini mitos haid yang banyak beredar:

  1. Minum soda memperlancar haid

    Soda dianggap oleh banyak orang sebagai ‘obat’ yang ampuh dalam memperlancar haid. Saran kami: Lupakan saja! Sebab tidak ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

    Kelancaran haid ditentukan oleh kondisi rahim dan hormon wanita. Sedangkan soda memengaruhi saluran pencernaan. Jadi, minum soda tidak ada hubungannya dengan lancar tidaknya haid.

  2. Jangan tidur siang

    Ada anggapan bahwa tidur siang saat haid akan menyebabkan sakit kepala. Percayalah, ini hanya mitos belaka.

    Tidak ada penelitian medis yang membenarkan hal ini. Bila memungkinkan, Anda boleh saja tidur siang saat haid untuk meredakan nyeri atau rasa tidak nyaman yang di perut bawah.

  3. Tidak boleh keramas

    Sebagian masyarakat meyakini keramas saat haid menyebabkan peningkatan sel darah putih dan menimbulkan kanker. Ada pula yang mengatakan bahwa keramas saat menstruasi bisa menyebabkan haid tidak teratur.

    Hal tersebut tidak benar. Anda boleh saja keramas saat menstruasi. Keramas tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan apapun. Justru sebaiknya Anda menjaga kebersihan tubuh saat haid dengan mandi dan keramas secara teratur, agar dapat melaluinya dengan nyaman.

  4. Makanan asam perlancar haid

    Makanan asam, seperti mangga dan nanas, dipercaya dapat memperlancar haid. Hal ini tidak benar. Tidak ada makanan tertentu yang dapat menjadikan haid lancar.

    Namun demikian, Anda tetap boleh mengkonsumsi mangga, nanas, atau makanan asam lainnya saat menstruasi. Sebab buah-buahan tersebut adalah sumber kalori dan serat yang baik.

  5. Tidak boleh potong rambut saat haid

    Potong rambut saat haid dipercayai sebagian orang dapat membahayakan kesehatannya di kemudian hari. Abaikan saja. Memotong rambut tidak akan berdampak buruk apapun pada kesehatan, termasuk bila dilakukan saat datang bulan.

Bagaimana, Anda menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai mitos haid? Bila masih ada pertanyaan yang mengganggu Anda seputar haid, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter. Jangan lupa, terapkan pola hidup sehat agar dapat menjaga keseimbangan hormon serta kesehatan saat sedang haid.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar