Psikologi Keluarga

4 Manfaat Konseling Pranikah untuk Masa Depan Anak

dr. Reza Fahlevi, 06 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda bahwa konseling pranikah turut berperan dalam menentukan masa depan anak kelak? Simak selengkapnya di sini.

4 Manfaat Konseling Pranikah untuk Masa Depan Anak

Konseling pranikah merupakan sebuah tren yang sedang berkembang di seluruh dunia. Sayangnya di Indonesia kegiatan ini masih belum dikenal luas, sehingga kurang diminati. Padahal, konseling pranikah turut berperan dalam menentukan masa depan anak.

Konseling pranikah adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, dan saran kepada calon mempelai sebelum menikah. Terkait manfaatnya untuk masa depan anak, inilah 4 di antaranya:

  1. Deteksi dini kelaianan genetik pada anak Melalui konseling pranikah, kelainan genetik yang bersifat diturunkan dapat dideteksi sejak sebelum menikah. Deteksi ini bertujuan agar calon orangtua memiliki antisipasi sejak dini dan siap menerima kemungkinan jika nanti anaknya mengalami kelainan genetik.
  2. Deteksi kemungkinan penyakit infeksi pada anak Beberapa penyakit infeksi yang paling sering diturunkan oleh orangtua pada anak adalah HIV, hepatitis B, dan infeksi kuman TORCH (toksoplasma, rubela, citomegalovirus, dan herpes). Jika saat konsultasi pranikah infeksi tersebut ditemukan pada kedua orangtua, tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko anak mengalami infeksi serupa dapat dilakukan sedini mungkin.
  3. Mempersiapkan kehamilan dengan baik Untuk memiliki anak yang sehat dan cerdas, persiapan kehamilan perlu dilakukan dengan baik. Nah, konseling pranikah bisa membantu untuk mewujudkan hal ini. Pasalnya, pembahasan konseling pranikah itu sendiri mencakup kapan waktu yang tepat untuk hamil, langkah-langkah dalam mempersiapkan kehamilan, selama kehamilan, hingga menjelang persalinan. Selain itu, edukasi mengenai pola hidup yang baik –seperti nutrisi, kebersihan, aktivitas fisik, dan istirahat– juga dapat didapatkan dari konseling pranikah.
  4. Perencanaan keluarga yang matang Ini meliputi rencana jumlah anak yang disarankan, jarak kehamilan aman, keuangan, tempat tinggal, lingkungan, serta rencana pendidikan anak nantinya. Dengan persiapan matang akan hal tersebut, pasangan suami istri akan memiliki keluarga dan anak-anak yang berkualitas, dengan masa depan yang gemilang.

Nah, kini Anda telah memahami betapa pentingnya konseling pranikah untuk masa depan anak. Jadi, kenapa harus takut?

(NB/ RH)

PernikahanMasa Depan AnakKonseling Pranikah

Konsultasi Dokter Terkait