Sukses

Memelihara Janggut seperti Raja Salman, Ini Manfaat Kesehatannya

Kedatangan Raja Salman begitu menarik perhatian masyarakat di Indonesia. Tidak ketinggalan, penampilannya pun menjadi bahan pembicaraan.

 

Klikdokter.com, Jakarta Sebagaimana umumnya pria Timur Tengah lain, Raja Salman terlihat khas dengan janggutnya yang lebat dan terawat. Dulu banyak orang mengidentikkan kebiasaan memelihara janggut ala Timur Tengah ini dengan pemahaman ajaran agama tertentu. Faktanya, memelihara janggut banyak digemari oleh pria berbagai kalangan dengan beragam latar belakang. 

Rupanya, selain untuk penampilan, memelihara janggut memiliki beberapa manfaat kesehatan. Bahkan hal ini sudah diteliti oleh para dokter dan ilmuwan. Ingin tahu apa saja manfaat tersebut?

 

 

1 dari 3 halaman

Memelihara  Janggut atau Wajah Tercukur Rapi

Memiliki janggut yang lebat tidak berarti Anda memiliki sarang kuman di wajah. Hasil sebuah penelitian pada tahun 2014 yang dirilis pada Journal of Hospital Infection menyatakan bahwa pertumbuhan bakteri pada wajah tidak jauh berbeda antara pria yang memiliki janggut dan tidak. Dalam penelitian ini juga dinyatakan bahwa beberapa spesies bakteri justru lebih tinggi prevalensi tumbuhnya pada wajah pria yang tidak berjanggut.

Perbedaan ini dicurigai berkaitan dengan penipisan atau luka pada kulit akibat bercukur. Pria yang bercukur hingga wajahnya bersih dari janggut memiliki kulit yang terpapar terhadap lingkungan. Jika terdapat luka kecil pada kulit akibat bercukur, maka kulit yang terpapar lingkungan ini memiliki resiko lebih besar untuk menjadi tempat bertumbuhnya kuman.

2 dari 3 halaman

Melindungi Wajah dari Sinar Matahari

Memelihara janggut, berarti menutupi kulit wajah yang ditumbuhi rambut dari sinar matahari. Selain memiliki manfaat, sinar matahari juga memiliki beberapa dampak negatif bagi kulit. Sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama kanker kulit. Paparan sinar matahari pada kulit wajah juga dapat memicu munculnya flek hitam dan memicu munculnya tanda penuaan dini.

Terutama bagi kamu pria, menggunakan tabir surya umumnya bukan merupakan rutinitas. Memelihara kumis dan janggut dapat membantu mengatasi hal ini, terutama area kumis yang memang sering dilupakan saat mengoleskan tabir surya.

Meskipun memelihara janggut seperti Raja Salman memiliki beberapa manfaat, memelihara janggut membutuhkan perhatian ekstra. Seperti halnya merawat rambut kepala, janggut juga perlu secara rutin dirawat dan dijaga kebersihannya dengan teliti.

Gunakan sabun atau sampo untuk membersihkan  janggut. Jika janggut sudah memanjang, sisirlah janggut secara teratur agar tampak rapi dan terawat. Sudah siap memiliki janggut seperti Raja Salman?
(MFW)

1 Komentar

  • Eko Pribadi Arizona

    gak usah berlebihan lah masalah jenggot ,.,., nggak raja aja .,, semua orang arab ya gitu jenggotnya klo panjang dinamakan methoa'/kyai klo di kita.klo rakyat ya kayak raja gitu potongannya.itu semua kan sesuai sama pakaian sehari" mereka,klo kita pakai celana jenggoten wkwkwkwkwkk