Sukses

Detik-detik Fernando Torres Terhempas dan Pingsan di Lapangan

Ekspresi ngeri menyelimuti wajah para penonton di Estadio Riazor ketika menyaksikan Fernando Torres jatuh terhempas dengan kepala langsung m

Klikdokter.com, Jakarta Detik-detik Fernando Torres jatuh hingga tidak sadarkan diri memang mengerikan. Usai bertubrukan dengan pemain lawan, Alex Bergantinos, Fernando Torres mendarat dengan kepala terlebih dulu menghantam tanah.

Kejadian ini terjadi pada hari Jumat lalu ketika Atletico Madrid, klub yang dibela Fernando Torres bertanding melawan Deportivo La Coruna. Serta merta ekspresi ketakutan dan kecemasan membelenggu anggota tim kedua kesebelasan dan penonton yang menyaksikan insiden dalam pertandingan tersebut.

Melihat Fernando Torres tak sadarkan diri, sontak rekan dan lawan mainnya berlarian menghampiri dan memberikan pertolongan pertama. Kini, Torres telah keluar dari rumah sakit. Apa yang sebenarnya terjadi padanya di lapangan?

 

 

 

1 dari 3 halaman

Fernando Torres Langsung Tak Sadarkan Diri

Atletico Madrid menyatakan bahwa Torres didiagnosis oleh rumah sakit dengan traumatic brain injury atau cedera kepala karena trauma. Pada jenis cedera ini, terjadi gangguan fungsi otak akibat kekerasan mekanik pada kepala. Cedera seperti ini memiliki varasi dari ringan hingga berat.

Dalam dunia medis sendiri, penyebab hilangnya kesadaran karena cedera kepala belum diketahui dengan pasti. Beberapa hipotesis memang telah diperdebatkan sebagai penyebab terganggunya kesadaran pada pasien cedera kepala, salah satunya adalah hipotesa kejang.

Beberapa media melansir bahwa Torres terlihat hampir kejang namun rekan setimnya segera memberi pertolongan pertama dengan menyelamatkan jalan napas Torres. Dalam teori kejang, pasien dengan cedera kepala karena trauma memiliki gejala yang mirip dengan pasien kejang atau epilepsi. 

Gejala yang mirip ini menimbulkan spekulasi adanya proses yang sama pada proses hilangnya kesadaran. Dengan demikian, hilangnya kesadaran dianggap berhubungan dengan cedera langsung pada sel otak. Hal ini menyebabkan sel otak menjadi kelelahan akibat menerima rangsangan berlebih yang berasal dari benturan.

2 dari 3 halaman

Pertolongan Pertama untuk Fernando Torres

Sehari usai pertandingan, Gabi dan Sime Vrsaljko, rekan Fernando Torres di Atletico Madrid mendapat pujian dari Dokter tim Deportivo La Coruna, Carlos Larino. Pasalnya,mereka segera bertindak cepat usai menyaksikan insiden tersebut.

Melihat Fernando Torres nampak kehilangan kesadaran, kedua pemain ini langsung memastikan agar Torres dapat bernapas dengan cara membuka mulutnya. Beberapa pemain lainnya nampak langsung memanggil bantuan medis.

Pemberian pertolongan pertama berupa memanggil bantuan medis, memastikan korban tetap dapat bernapas, dan memeriksa denyut jantung memang merupakan prosedur standar yang setiap orang dapat lakukan saat menemui orang pingsan.  Terutama dengan kecurigaan cedera kepala.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah agar korban tidak perlu dipindahkan kecuali berada di tempat yang berbahaya. Upaya memindahkan korban harus dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga kepala dan leher korban dapat dipastikan tidak bergerak sama sekali.

Saat ini dikabarkan Fernando Torres sudah keluar dari rumah sakit. Namun mantan penyerang utama tim nasional Spanyol ini masih berada di bawah pengawasan medis dan belum diijinkan untuk bermain selama 2 hari ke depan. Semoga Fernando Torres segera pulih dan kembali beraksi di lapangan hijau menghibur para penggemarnya.

(MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar