Sukses

Hati-hati dengan Kosmetik Kedaluwarsa

Kosmetik kedaluwarsa tak hanya telah kehilangan fungsi optimalnya, tetapi juga merupakan sarang bakteri.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua wanita gemar bersolek dan senang mengoleksi produk kosmetik. Keasyikan mengumpulkan foundation, blush-on, maskara, eyeliner, dan lipstick membuat wanita terkadang tidak menghiraukan tanggal kedaluwarsa produk-produk tersebut.

Tahukah Anda, kosmetik yang sudah kedaluwarsa telah kehilangan fungsi optimalnya. Selain itu, kosmetik yang sudah kedaluwarsa adalah media bagi pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat, kemerahan, dan masalah kulit lainnya.

Salah satu hal yang dapat mempercepat masa kedaluwarsa suatu produk adalah cara penyimpanan yang salah. Kosmetik sebaiknya disimpan di tempat sejuk. Menyimpan kosmetik di tempat panas –seperti dalam mobil, dapat merusak produk.

Beberapa orang menyimpan kosmetik di dalam kulkas dengan harapan produk tersebut akan tahan lebih lama. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Namun cara ini dapat digunakan untuk produk-produk yang bersifat alami atau tanpa bahan kimia.

Cara mudah untuk mengetahui kosmetik kedaluwarsa adalah dengan melihat adanya perubahan warna, bau, ataupun konsistensi. Lantas, berapa lama produk kosmetik biasanya akan kedaluwarsa?

Bila produk kosmetik di rumah tidak tercetak tanggal kedaluwarsanya, Anda bisa mengira-ngira kapan produk kosmetik sebaiknya dibuang melalui panduan berikut ini:

  1. Lipstik dan lipgloss.

    Lipstik biasanya bisa digunakan hingga 2 tahun, sedangkan lipgloss sampai 1 tahun. Jika sudah terjadi perubahan konsistensi warna dan berbau, segera buang lipstik dan lipgloss Anda.

  2. Foundation.

    Foundation dapat digunakan sekitar 6 bulan sampai 2 tahun, tergantung bahan dasar yang digunakan. Umumnya, foundation berbentuk cair akan terpisah atau berubah konsistensi serta warna jika sudah kedaluwarsa.

  3. Maskara.

    Maskara dapat digunakan selama 3- 6 bulan. Jika maskara sudah mulai menggumpal atau terasa gatal saat dipakai, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  4. Eyeliner.

    Eyeliner bisa dipakai selama 6 bulan sampai 1 tahun. Sama seperti maskara, jika sudah menggumpal dan menimbulkan rasa gatal sebaiknya buang eyeliner Anda.

  5. Blush-on, eyeshadow, dan kosmetik berbentuk powder lainnya.

    Semua ini bisa dipakai selama 1-2 tahun.

Jangan lupa untuk selalu menyeleksi produk kosmetik di rumah setiap 6 bulan. Selain itu, jangan segan-segan untuk membuang kosmetik kedaluwarsa Anda demi kesehatan kulit Anda.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar