Sukses

Diet vs. Olahraga: Mana yang Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?

Diet dan olahraga. Dua hal ini pasti Anda dapatkan saat meminta saran untuk menurunkan berat badan. Namun, mana yang lebih penting?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika ingin menurunkan berat badan, mungkin Anda pernah merasa kebingungan: cukupkah dengan olahraga atau diet saja? Diet biasanya menjadi pilihan bagi banyak orang, karena dianggap lebih mudah untuk dilakukan ketimbang berolahraga.

Dalam sebuah studi tahun 2012, dinyatakan bahwa diet yang berdiri sendiri memberikan hasil penurunan berat badan sebesar 8.5% dan olahraga sebesar 2.4%. Sedangkan kombinasi keduanya dapat menurunkan berat badan hingga 10.8%.

Penurunan jumlah lemak tubuh pun lebih besar pada kombinasi diet dan olahraga (12.4%). Disusul oleh diet saja (8.9%), dan berolahraga saja (3.3%).

Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kombinasi diet dan olahraga lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet atau olahraga saja.

Pentingnya berolahraga

Mengapa harus tetap berolahraga, padahal dengan diet saja sudah cukup banyak selisih penurunan berat badan yang bisa dicapai? Kuncinya adalah mendapatkan tubuh yang tidak hanya ideal secara ukuran, tetapi juga sehat.

Penting untuk diketahui bahwa diet bukanlahsekadar mengurangi porsi makan. Diet berarti juga mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Jika diet dilakukan tanpa didampingi olahraga, biasanya tubuh menjadi lemas, dan karenanya bisa menggagalkan diet itu sendiri!

Olahraga tidak hanya berfungsi untuk membantu membakar kalori. Fungsi metabolisme tubuh juga dapat meningkat dan lebih maksimal ketika seseorang berolahraga. Dengan demikian, asupan nutrisi yang didapat dari diet bisa disirkulasi dengan baik.

Inilah mengapa, untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat, dokter selalu menganjurkan Anda untuk mengombinasikan diet dengan olahraga.

Perbanyak sayur dan buah dalam menu harian Anda. Jangan lewatkan sarapan untuk pasokan energi sebelum beraktivitas, dan berolahragalah secara teratur. Frekuensi olahraga yang dianjurkan untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat adalah minimal tiga kali seminggu, selama 20-30 menit setiap sesi.

Yuk, kombinasikan diet dan olahraga. Anda tak hanya mendapatkan berat badan ideal saja, namun juga tubuh yang lebih sehat!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar