Sukses

Mengenal Vasalgel, Jenis Kontrasepsi Pria Terbaru di Dunia

Kini kontrasepsi pria tak hanya kondom dan vasektomi saja. Vasalgel hadir memberikan inovasi baru.

Sekarang sudah banyak keluarga yang mulai mengikuti program Keluarga Berencana (KB). Selain merencanakan jumlah anak yang diinginkan dan menunda kehamilan, program ini juga sangat penting untuk mendukung aspek pendidikan dan kesehatan si Kecil. 

Salah satu upaya menjalani program KB adalah pemakaian alat kontrasepsi. Meskipun kebanyakan diperuntukkan bagi wanita, pria juga mempunyai berbagai pilihan alat kontrasepsi, contohnya kondom, tindakan vasektomi, senggama terputus, dan lain-lain. 

Berbeda dengan wanita, pilihan alat kontrasepsi pria tergolong sedikit. Namun pada tahun 2017, sebuah metode kontrasepsi pria jenis baru telah sukses diujikan pada monyet. Alat ini dinamakan Vasalgel.

Penelitian terhadap Vasalgel dimulai oleh ilmuwan yang tergabung dalam Parsemus Foundation, sebuah organisasi non-profit dari Amerika Serikat. Vasalgel diciptakan untuk mengakomodasi kekurangan yang ada pada metode kontrasepsi kondom maupun vasektomi.

Artikel Lainnya: Plus Minus Alat Kontrasepsi Pria

1 dari 3 halaman

Apa Itu Vasalgel?

Vasalgel merupakan alat kontrasepsi pria berbentuk gel yang disuntikkan ke dalam saluran yang mengalirkan air mani/sperma ke luar penis (vas deferens). Gel ini berperan sebagai penghalang fisik sel sperma menuju penis.

Vasalgel sendiri adalah polimer dengan berat molekul tinggi yang dapat bekerja sebagai alternatif vasektomi. Dengan alat kontrasepsi pria ini, seorang pria tetap dapat mengalami orgasme dan ejakulasi. Hanya saja, cairan yang dikeluarkan tidak mengandung sperma.

Hasil dari pengujian terkini terhadap alat kontrasepsi pria ini telah dipublikasikan dalam jurnal Basic and Clinical Andrology. Meski baru tahap uji coba pada primata, hasilnya cukup menjanjikan.

Dalam publikasi yang diterbitkan pada tahun 2016, tim peneliti melaporkan bahwa Vasalgel memberikan hasil kontrasepsi yang sangat efektif pada kelinci. Sebanyak tujuh kelinci berhasil dikontrasepsi selama 14 bulan. Bahkan Vasalgel memiliki efek samping yang sedikit dan dapat ditoleransi oleh kelinci.

Setelah itu, dilakukan pula studi lanjutan untuk mengembalikan fungsi normal vas deferens. Suntikan natrium bikarbonat diberikan kepada vas deferens kelinci tersebut.

Setelah suntikan diberikan, sperma kembali terdapat pada air mani kelinci tersebut dengan cepat. Hasil penelitian inilah yang menjadi momentum awal perkembangan Vasalgel sebagai alat kontrasepsi pria. 

Artikel Lainnya: Benarkah Daun Gandarusa Efektif untuk Kontrasepsi Pria?

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Kerja Vasalgel?

Cara kerja alat kontrasepsi pria ini disuntikkan ke dalam vas deferens untuk membentuk penghalang yang menghentikan pergerakan sperma. 

Vasalgel yang terdapat dalam saluran vas deferens akan tetap berbentuk seperti gel. Namun, Vasalgel tersebut masih memungkinkan molekul air untuk lewat, kecuali molekul yang lebih besar seperti sperma. Cara ini bermanfaat untuk mencegah tekanan balik di area penyimpanan sperma.

Kelebihan dari alat kontrasepsi pria ini adalah efeknya dapat bertahan selama bertahun-tahun. Selain itu, kelebihan lainnya adalah sifatnya yang reversibel (bolak-balik).

Vasalgel sendiri dapat dilarutkan dengan pemberian suntikan kedua, yaitu natrium bikarbonat. Larutan bikarbonat dapat menetralkan dan memecah struktur hidrogel polimer. 

Artikel Lainnya: Gel Hormon, Kontrasepsi Baru untuk Pria

Terdapat komplikasi kecil yang mirip dengan tindakan vasektomi. Dari penelitian yang dilakukan, satu monyet mengalami granuloma sperma akibat penumpukan sperma yang menggumpal di vas deferens

Vasalgel memang sangat menjanjikan sebagai alat kontrasepsi pria di masa depan. Namun, para peneliti masih mengharapkan penelitian lebih dalam. Sebab sering kali proses reversibel yang belum sempurna menyebabkan tingkat kesuburan menjadi rendah. 

Para peneliti berharap, alat kontrasepsi pria ini dapat segera diujikan pada manusia. Dengan demikian, pilihan kontrasepsi pria yang lebih efektif, aman, dan nyaman dapat segera tersedia.

Sebenarnya pilihan penggunaan alat kontrasepsi tergantung kenyamanan dan kondisi masing-masing. Oleh karena itu, konsultasikanlah kepada dokter mengenai alat kontrasepsi yang sesuai untuk Anda.

Apabila memiliki pertanyaan seputar alat kontrasepsi pria yang sesuai atau masalah kesehatan lain, Anda dapat berkonsultasi secara daring kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar