Sukses

Mengenal Vasalgel, Jenis Kontrasepsi Pria Terbaru Di Dunia

Kini, kontrasepsi pria tak hanya kondom dan vasektomi saja. Vasalgel hadir memberikan inovasi baru.

Klikdokter.com, Jakarta Berbeda dengan wanita, pilihan kontrasepsi pria tergolong sedikit. Hingga saat ini, hanya ada kondom dan vasektomi. Namun tahun ini, sebuah metode kontrasepsi pria jenis baru telah sukses diujikan pada monyet. Alat ini dinamakan vasalgel.

Penelitian terhadap vasalgel dimulai sejak 2 tahun lalu oleh ilmuwan yang tergabung dalam Parsemus Foundation, sebuah organisasi non-profit dari Amerika Serikat. Vasalgel diciptakan untuk mengakomodasi kekurangan yang ada pada metode kontrasepsi kondom maupun vasektomi.

Vasalgel itu sendiri merupakan gel yang disuntikkan ke dalam saluran yang mengalirkan air mani/ sperma ke luar penis (vas deferens). Gel ini berperan sebagai penghalang fisik sel sperma menuju penis.

Dengan cara tersebut, seorang pria tetap dapat mengalami orgasme dan ejakulasi. Hanya saja, cairan yang dikeluarkan tidak mengandung sperma.
Hasil dari pengujian terkini terhadap vasalgel telah dipublikasikan dalam jurnal Basic and Clinical Andrology. Hasilnya cukup menjanjikan, meski baru tahap uji coba pada primata.

Sumber: https://www.parsemusfoundation.org/projects/vasalgel/

Pada prinsipnya, cara kerja vasalgel hampir sama dengan vasektomi. Hanya saja sifatnya reversibel. Artinya, jika seorang pria ingin mengembalikan aliran spermanya, gel tersebut dapat dikeluarkan dengan suntikan larutan natrium bikarbonat (baking soda).

Para peneliti berharap, vasalgel dapat segera diujikan pada manusia. Dengan demikian, pilihan kontrasepsi pria yang lebih efektif, aman, dan nyaman dapat segera tersedia.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar