Sukses

Cara Jitu Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Anak sudah besar tapi masih takut tidur sendiri? Cobalah cara-cara ini untuk mengubah kebiasaan tidurnya.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur bersama anak di satu kamar hanya direkomendasikan hingga anak berusia 6 bulan hingga 1 tahun. Setelah itu, sebaiknya orangtua mengajarkan anak untuk tidur sendiri.

Saat anak sudah besar, tidur bersama dengan orangtua dapat menimbulkan beberapa ketidaknyamanan. Orangtua bisa kesulitan tidur nyenyak, terutama bila anak memiliki kebiasaan bergerak-gerak atau menendang dalam tidur.

Selanjutnya, tidur bersama dapat membuat anak terlalu tergantung terhadap orangtua. Hubungan suami-istri pun bisa terganggu. Jika orangtua termasuk perokok, tidur bersama anak dapat memengaruhi kesehatannya.

Jika Anda ingin mengajarkan anak tidur sendiri, maka mulailah dengan memberikan pengertian sesuai usia anak. Misalnya pada anak yang tergolong sudah mulai besar, Anda dapat memberi pemahaman bahwa dirinya sudah cukup besar dan berani untuk tidur sendiri.

Selain itu, Anda dapat mencoba cara-cara berikut ini:

  • Membuat masa transisi

    Anda dapat memulai dengan masa transisi terlebih dahulu. Misalnya, pada siang hari biarkan anak tidur sendiri di kamarnya dan kembali tidur bersama Anda di malam hari. Setelah beberapa waktu, mulailah ajarkan anak untuk tidur pada malam hari di kamarnya juga.

  • Menghias kamar anak

    Salah satu cara untuk ‘membujuk’ anak tidur sendiri adalah dengan membuat kamar tidur menjadi tempat yang menarik. Hiaslah kamar tidur anak dengan warna kesukaannya.

    Anda juga dapat membelikan anak baju tidur baru atau boneka baru sebagai teman tidurnya. Dengan demikian, anak akan merasa senang dengan pengalaman tidur sendirinya.

  • Membiasakan anak berada di kamarnya

    Terakhir, biasakan anak untuk berada di kamarnya sebelum waktu tidur. Jika anak terbiasa menghabiskan waktu sebelum tidur di kamar Anda, akan lebih sulit baginya untuk pindah ke kamar sendiri untuk tidur.

    Anda dapat menemani anak di kamarnya hingga ia tertidur. Setelah itu barulah Anda pindah ke kamar Anda sendiri.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Sepakatilah keputusan ini bersama pasangan Anda terlebih dahulu. Usahakan juga untuk selalu sabar dan konsisten, agar nantinya anak berani tidur sendiri.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar