Sukses

Bayi Mampu Menyerap Bahasa Sejak Lahir?

Tahukah Anda, bayi ternyata sudah mengenal bahasa sejak di dalam kandungan. Simak disini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orangtua baru yang kebingungan untuk berkomunikasi dengan sang buah hati. Ternyata, hasil penelitian dari Pacific Lutheran University menemukan bahwa bayi sudah mulai mendengar suara orangtuanya sejak dalam kandungan.

Saat lahir, bayi juga mengenal suara orang tuanya terutama sang ibu. Mereka sudah mulai mendengarkan dan memerhatikan kata- kata dan kalimat serta mencari tahu makna dari ucapan Anda.

Selain itu, bayi juga mengamati dan menangkap sesuatu yang lebih rumit –seperti kebahagiaan, kesedihan, cinta, perhatian, kecemasan, dan kemarahan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui tahapan tumbuh kembang bayi sejak baru dilahirkan hingga menginjak 7 bulan.

Saat baru lahir hingga usia 1 bulan

Setiap saat, bayi Anda menggunakan panca inderanya untuk menerima informasi baru tentang dunia di sekelilingnya. Bayi selalu mengamati emosi Anda. Mereka akan menanggapi nada suara Anda, senyum Anda, dan kenyamanan sentuhan ketika Anda memberinya makan.

Usia 2 hingga 3 bulan

Seiring perkembangan motoriknya, bayi sudah dapat menganggapi bahasa Anda dengan cara berbeda. Bayi dapat tersenyum saat Anda mengajak mereka berbicara. Mereka juga akan diam karena merasa tenang saat Anda datang ketika mereka menangis.

Usia 4 hingga 7 bulan

Di usia ini, bayi Anda sudah menyadari namanya. Mereka memahami Anda berbicara kepada mereka. Bahkan mereka akan menoleh saat Anda memanggil mereka. Kini mereka juga lebih mendengarkan nada suara Anda. Mereka akan tersenyum ketika Anda terdengar bahagia dan mungkin menangis ketika Anda terdengar sedih atau tertekan.


Sejak lahir, bayi sudah menyadari suara orang terdekatnya –khususnya sang ibu. Namun, seiring dengan pertumbuhannya, kemampuan berbahasa bayi juga semakin berkembang. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi bagaimana harus berkomunikasi dengan bayi Anda.

(DA)

0 Komentar

Belum ada komentar