Sukses

Radiasi Microwave Picu Kemandulan?

Banyak informasi yang menyatakan bahwa radiasi microwave dapat memicu kemandulan. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Banyaknya informasi yang mengaitkan radiasi microwave dengan kemandulan, membuat sebagian orang khawatir dengan perangkat yang satu ini. Padahal sebenarnya, tak sedikit orang yang merasa terbantu dengan perangkat rumah tangga ini.

Microwave memang merupakan perangkat multifungsi yang sudah menjadi bagian dari kegiatan dapur sehari-hari masyarakat urban. Pada dasarnya perangkat ini menggunakan energi gelombang mikro dalam memasak atau menghangatkan makanan.

Terkait dampaknya, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang membenarkan kaitan antara penggunaan microwave dengan kemandulan. Pasalnya, radiasi yang timbul dari microwave hanya bersifat kecil. Karena itu dampaknya bagi kesehatan pun tidak terlalu signifikan.

Kiat menggunakan microwave

Meski informasi mengenai kaitan antara microwave dengan kemandulan hanya mitos, Anda tetap tidak boleh menggunakannya sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yakni:

  1. Menghindari menghangatkan makanan yang masih terbungkus plastik.

  2. Tidak memasukkan peralatan makan berbahan plastik atau melamin ke dalam microwave.

  3. Memastikan peralatan makan Anda dapat digunakan dengan aman pada suhu microwave.

    Sebaiknya, Anda tidak mengabaikan catatan di atas. Sebab penggunaan wadah makanan yang tidak tepat berpotensi menyebabkan kerusakan. atau bahkan ledakan.

Jadi, kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menggunakan perangkat yang satu ini. Namun ingat, meski rumor mengenai radiasi microwave belum terbukti kebenarannya dalam memicu kemandulan, Anda harus tetap ingat aturan-aturannya, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar