Sukses

Tangan Keriput saat Berenang, Apa Penyebabnya?

Merendam tangan di air, seperti saat berenang, terkadang menyebabkan keriput. Apa penyebab tangan keriput karena air? Apakah dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu?

Apakah Anda hobi berenang atau mandi lama-lama? Jika ya, Anda mungkin pernah memerhatikan kondisi jari berkerut dan tangan keriput akibat bersentuhan dengan air dalam waktu lama. Pertanyaannya, tahukah Anda penyebab tangan keriput pada kondisi tersebut?

Tenang, tidak perlu takut berlebihan. Sebagian besar kasus jari-jari dan tangan keriput karena air adalah kondisi normal. 

Karena sebenarnya, kondisi tersebut merupakan sebuah respons alami yang terjadi pada tubuh. 

Artikel Lainnya: Banyak Konsumsi Gula Bikin Kulit Cepat Keriput?

1 dari 3 halaman

Penyebab Jari Tangan Keriput saat Berenang

Para pakar memiliki berbagai pendapat yang berbeda mengenai tangan keriput saat bersentuhan dengan air, misalnya ketika berenang. 

Ada yang mengatakan bahwa kondisi tersebut terjadi karena lapisan luar kulit menarik air ke dalam dan menampungnya sehingga membentuk kerutan. 

Lapisan luar kulit dikatakan dapat menampung air yang diserap berkat adanya fungsi keratin yang elastis dan membentuk struktur tiga dimensi.

Ini membuat lapisan luar kulit mudah menampung air saat terpapar. Kerutan biasanya segera hilang saat kulit kering.

Selain pendapat tersebut, ada juga pakar yang mengatakan bahwa terjadinya kulit mengerut dan tangan keriput saat terpapar air merupakan respons dari sistem saraf simpatis tubuh. 

Ini adalah sistem saraf yang berperan dalam stimulasi tubuh untuk mempersiapkan diri melakukan aktivitas.

Pakar neurobiology, Mark Changizi, mengatakan bahwa kerutan pada tangan dan jari dalam keadaan basah juga merupakan suatu bentuk adaptasi tubuh. 

Tujuannya adalah untuk membuat jari-jari tangan lebih mudah menggenggam suatu objek dalam keadaan basah.

Artikel Lainnya: Hindari Ini Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput

2 dari 3 halaman

Waspadai Penyebab Tangan Keriput Lainnya

Tidak melulu terjadi akibat respons alami tubuh, jari-jari dan telapak tangan keriput juga bisa disebabkan oleh penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang dimaksud:

  • Diabetes

Diabetes menyebabkan kadar gula darah cenderung tinggi. Kondisi ini dapat berdampak pada rusaknya fungsi kelenjar keringat, sehingga menyebabkan jari dan telapak tangan keriput akibat air yang tidak teregulasi dengan baik.

  • Dehidrasi

Dehidrasi dapat memengaruhi tingkat kelembapan kulit kulit. Pada kasus yang parah, dehidrasi bahkan bisa menyebabkan kulit kering dan tampak lebih keriput sekalipun tidak sedang bersentuhan dengan air.

  • Radang Kulit

Peradangan kulit seperti eksem dapat menyebabkan kulit kering dan kulit berkerut, sekalipun tidak berkontak dengan air. Dalam jangka panjang, kerutan biasanya akan disertai dengan kemerahan, bengkak, dan sensasi gatal yang tidak tertahankan.

Sebagian besar kasus tangan keriput saat berenang atau bersentuhan dengan air memang disebabkan oleh respons alami tubuh. Namun, Anda juga mesti waspada, karena kondisi tersebut juga bisa terjadi akibat adanya penyakit tertentu.

Maka dari itu, jika Anda mengalami jari-jari atau tangan keriput di usia muda yang terjadi berkelanjutan, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga bisa bertanya pada dokter mengenai kondisi tersebut melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar