Sukses

6 Makanan Sumber Omega-3

Selain salmon, sumber omega-3 juga terdapat pada bahan makanan lainnya. Mau tau apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mata dan otak. Dalam omega-3 terdapat 3 komponen penting, yakni ALA (alpha-linolenic acid), DHA (decosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid).

ALA merupakan asam lemak esensial yang penting untuk dikonsumsi dalam diet sehari-hari. Meski sangat terbatas, ALA dapat diubah menjadi EPA dan DHA oleh tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk menambahkan makanan yang mengandung omega 3 dalam menu sehari-hari.

Bahan makanan berikut ini dapat menjadi pengganti salmon serta kaya akan sumber omega-3 diantaranya:

  1. Makanan Laut

    Salmon memang kaya akan kandungan omega-3. Namun, ikan dan makanan laut lainnya juga dapat menjadi sumber omega-3 seperti ikan makarel – tenggiri, sarden, halibut, herring, tuna, tiram, kerang, ikan kod, dan belut.

  2. Kacang-kacangan dan Produk Kacang

    Kacang kedelai, edamame, tahu, dan bahkan produk fermentasi seperti tempe pun mengandung omega- 3. Kacang walnut, pecan, hazelnut, dan almond pun mengandung omega- 3. Jadi, para vegetarian pun masih memiliki makanan sumber omega-3.

  3. Biji-bijian

    Flaxseed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki kandungan ALA yang tinggi. Sumber omega-3 lain nya yang berasal dari biji-bijian antara lain chia seed dan pumpkin seed.

  4. Sayuran

    Sayuran hijau pun dapat menjadi alternatif pilihan sumber omega-3 karena merupakan sumber ALA yang cukup baik. Kale, brussel sprout, bayam dan rumput laut merupakan beberapa di antaranya.

  5. Produk Susu dan Telur

    Telur, susu sapi, susu kedelai, yogurt dan margarin merupakan bahan makanan yang difortifikasi/ ditambahkan asam lemak omega-3 di dalamnya.

  6. Minyak

    Minyak zaitun, minyak kanola, minyak flaxseed, minyak walnut, minyak kedelai mengandung omega-3.

Setelah membaca daftar di atas sekarang Anda tak perlu bingung lagi jika ingin menambahkan omega-3 dalam menu harian. Akan tetapi yang perlu menjadi perhatian adalah pengolahan makanan tersebut. Pasalnya, radikal bebas terutama bila terkena suhu panas, dapat merusakan kandungan nutrisi dalam makanan. Selamat mencoba!

(DA/ RH)

2 Komentar