Sukses

Ciri-ciri Keputihan Normal

Tahukah Anda apa yang menjadi tanda keputihan normal pada wanita? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita pasti mengalami keputihan. Meski demikian, kondisi ini sering menimbulkan rasa was-was. Pasalnya, tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui mana keputihan normal dan mana yang tidak. Anda salah satunya?

Keputihan adalah keluarnya cairan berupa lendir dari vagina. Hal ini berkaitan dengan hormon kesuburan wanita (estrogen).

Keputihan nomal biasanya terjadi dua minggu menjelang masa haid berikutnya. Mereka yang sedang hamil juga bisa mengalami kondisi ini. Demikian pula pada wanita yang menggunakan KB hormonal (pil).

Cairan yang keluar saat keputihan memiliki fungsinya sendiri. Salah satunya adalah sebagai pelumas ketika berhubungan seksual. Di samping itu, cairan yang sifatnya cenderung asam ini juga bermanfaat untuk melindungi daerah kewanitaan dari serangan kuman penyebab infeksi.

Pada keputihan normal, cairan yang keluar berwarna bening hingga keputih-putihan. Teksturnya kental atau seperti lendir dan tidak berbau. Jika sudah mengering, keputihan yang mengenai pakaian dalam akan tampak seperti bercak kekuningan.

Normalnya, produksi lendir keputihan adalah sekitar 2-5 ml per hari, atau setara dengan 1-1,5 sendok teh. Namun demikian, jumlah ini dapat berubah-ubah. Salah satu kondisi yang menyebabkannya adalah rangsangan seksual, di mana hal ini berkaitan dengan fungsi lendir keputihan sebagai cairan pelumas.

Jika tanda keputihan yang Anda alami sama seperti di atas, maka Anda tak perlu khawatir. Itu adalah tanda keputihan normal. Jika tidak, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar