Sukses

Warna Sperma Berubah, Kapan Harus Waspada?

Normalnya sperma memiliki warna putih atau bening. Lalu, bagaimana jika sperma yang keluar berwarna kuning, bahkan merah?

Klikdokter.com, Jakarta Sperma dikeluarkan setelah seorang pria mengalami ejakulasi. Cairan ini memiliki kriteria tertentu agar dapat membuahi sel telur yang sudah matang. Mulai dari warna sperma, bentuk, jumlah, serta pergerakan yang sempurna.

Hal-hal tersebut merupakan syarat untuk keadaan sperma yang dapat membuahi sel telur dengan sempurna. Bicara tentang warna sperma, ada baiknya jika Anda lebih peka bila terjadi perubahan.

Normalnya sperma berwarna putih bening, putih awan, atau putih sedikit kekuningan. Namun, warna sperma ini bisa berubah karena beberapa faktor, seperti makanan yang dikonsumsi hingga masalah kesehatan.

Jika perubahan warna pada sperma Anda bersifat sementara, ini termasuk normal Apabila menetap kurang lebih 1-2 minggu, maka hal ini mempunyai arti tersendiri.

Berikut adalah tiga warna sperma yang umum terjadi, dan wajib diketahui artinya agar Anda bisa lebih waspada:

  • Kuning keemasan

    Jika sperma berubah warna menjadi kuning, artinya terdapat urine dalam cairan sperma Anda. Namun, bisa juga berarti Anda mengalami sakit kuning, atau jumlah sel darah putih dalam sperma tergolong tidak normal (leukocytospermia).

  • Merah muda atau merah kecokelatan

    Penyebab paling umum dari sperma yang berwarna merah adalah infeksi dan peradangan. Hal ini bisa berasal dari infeksi di salah satu kelenjar atau saluran yang memproduksi semen. Atau bisa juga berasal dari infeksi menular seksual, seperti gonore atau klamidia.

  • Kuning tua atau hijau

    Jika warna sperma kuning tua atau hijau, ada kemungkinan prostat Anda sedang mengalami infeksi.

Bagaimana dengan konsistensi atau tekstur sperma? Sperma biasanya kental sesaat setelah ejakulasi, tetapi akan mencair beberapa menit kemudian. Jika terlalu kental dan lengket, bisa menandakan adanya peradangan pada saluran kemih.

Kunjungi dokter spesialis urologi Anda jika terdapat perubahan warna sperma. Walau sepertinya ringan, penyakit infeksi yang terlalu lama tidak diobati akan menimbulkan komplikasi dan berakibat lebih buruk.

[RS/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar