Sukses

Redakan Nyeri Punggung Bawah dengan Yoga

Tahukah Anda bawah yoga yang dilakukan secara rutin efektif dalam membantu redakan nyeri punggung bawah? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sedang dihadapkan dengan keluhan nyeri punggung bawah yang kerap ganggu aktivitas Anda? Tenang, Anda tidak sendirian. Faktanya, sekitar 50% orang pernah mengalami keluhan yang Anda alami sekarang.

Nyeri punggung bawah atau low back pain merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa nyeri pada tulang belakang bagian bawah. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa sepertiga dari orang-orang yang menderita nyeri punggung bawah mengalami gangguan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, berolahraga, dan tidur.

Tak hanya itu, penelitian juga menyebutkan bahwa penderita nyeri punggung bawah kerap mengalami rasa nyeri yang berlangsung cukup lama. Hal ini tentu menjelaskan betapa tidak nyamannya rasa nyeri yang dirasakan.

Salah satu jalan keluar agar keluhan akibat nyeri punggung bawah tidak mengikis produktivitas sehari-hari adalah dengan mencari metode penanganan yang tepat.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Medicine menyebutkan, yoga dapat menjadi pilihan jalan keluar bagi mereka yang mengalami nyeri punggung bawah.

Penelitian yang dipublikasikan di Cochrane Library itu menemukan bahwa melakukan yoga secara rutin bisa mengurangi rasa nyeri. Selain itu juga meningkatkan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu, para peneliti juga menambahkan bahwa yoga dapat dijadikan sebagai suatu terapi bagi mereka yang mengalami nyeri punggung bawah dalam waktu lama dan tidak menunjukkan perbaikan setelah mendapatkan penanganan.

Terkait jenis yoga yang tepat untuk bantu redakan nyeri punggung bawah, penelitian lanjutan menyebutkan bahwa yoga jenis Iyengar, Hatha, dan Vini adalah pilihan yang tepat. Karena ketiganya sama-sama memberikan manfaat serupa dalam membantu redakan nyeri punggung bawah.
Satu hal yang perlu diingat terkait nyeri punggung bawah adalah pentingnya menjaga pergerakan (mobilitas). Nah, salah satu cara memastikan mobilitas Anda tetap baik adalah dengan melakukan yoga.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, olahraga yoga, agar nyeri punggung bawah bisa musnah!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar