HomePsikologiKesehatan MentalGangguan Cemas dan Insomnia
Kesehatan Mental

Gangguan Cemas dan Insomnia

Klikdokter, 11 Nov 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saya mau bertanya ,sudah mau hampir 2 bulan saya tidak pernah bisa tidur. Kalaupun bisa itu pagi dan kadang 2 hari sekali saya tidur, kira2 apa penyebabnya dan pada saat saya tidur saya suka cemas dan was-was mohon bantuanya Terima kasih

Gangguan Cemas dan Insomnia

Oleh: dr. Adithia Naga Perkasa - KLIKDOKTER.com

Tanya:

Saya mau bertanya ,sudah mau hampir 2 bulan saya tidak pernah bisa tidur. Kalaupun bisa itu pagi dan kadang 2 hari sekali saya tidur, kira2 apa penyebabnya dan pada saat saya tidur saya suka cemas dan was-was mohon bantuanya Terima kasih

Jawab:

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelumnya harus anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur, seperti faktor predisposisi psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisis tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisis senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari. Bila ditemukan kondisi medis / penyakit yang mendasari, tentunya diperlukan terapi fisis tertentu. Namun bila kemungkinan tersebut sudah dapat disingkirkan, terdapat beberapa tips yang dapat anda terapkan:

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.
  3. Cobalah mengatur pola tidur
  4. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
  5. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.
  6. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising,televisi,dsb.
  7. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.
  8. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.
  9. Relaksasi
  10. Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
  11. Berpikir positif.
  12. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan sudah dapat mengatasi gangguan tidur Anda.Tetapi tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada fisik yang mendasari penyebab dari susah tidur pada anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

NEWSInsomnia Susah Tidur Rokok Alkohol Tips Mengatasi

Konsultasi Dokter Terkait