Sukses

Baca Ini Dulu Sebelum Anda Makan Ikan!

Ada beberapa hal yang penting Anda ketahui seputar ikan untuk kesehatan Anda. Berikut penjelasan dari dr. Nadia Octavia yang dapat melengkapi pengetahuan Anda seputar ikan dan kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia.

KlikDokter.com - Ikan sangat lekat dengan budaya makan sehari-hari kita. Baik itu ikan mas, gurame, lele hingga salmon digemari oleh semua masyarakat Indonesia. Namun bagi Anda penggemar ikan, ada baiknya Anda membaca ini dulu.

Nutrisi pada ikan

Ikan yang berlemak seperti salmon, mackarel, tuna, tenggiri dan sardin kaya akan omega 3 yang dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah.

Ikan juga kaya akan protein namun rendah lemak jenuh dan kolesterol. Secara umum, sepotong ikan dapat mengandung setidaknya 20 gr protein (yaitu 1/3 dari angka kecukupan gizi per hari untuk dewasa), <160 kalori dan <100 mg kolesterol.

Selain itu ikan juga merupakan sumber berbagai vitamin seperti vitamin A, B dan D. Ikan juga mengandung iodine (terutama pada ikan laut), zat besi dan kalsium (dapat ditemukan pada tulang ikan yang bisa dimakan seperti sarden dan salmon).

Bagaimana cara memasak ikan yang baik? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Bagaimana cara memasak ikan yang baik?

Cara kita memasak ikan sangat mempengaruhi kualitas gizinya, misalnya kandungan lemaknya.

Seperti contohnya, dibandingkan Anda menggoreng ikan, Anda dapat mengukusnya. Dengan mengukus, Anda dapat mengurangi lemak hingga 9 gr dan 81 kalori. Cara mengukus juga tidak membutuhkan tambahan minyak goreng, sehingga kadar lemaknya rendah.

Selain itu, Anda juga bisa memakai cara lain seperti dipanggang ataupun direbus. Kalaupun ingin menggoreng, hindari pemakaian minyak yang terlalu banyak (deep fried).

Anda juga sebaiknya meminimalisir penggunaan garam, saus dan minyak. Anda dapat "mengakalinya" dengan menambahkan sayuran, rempah, bumbu ataupun perasan lemon supaya rasanya lebih enak.

Berapa porsi ikan yang dianjurkan?

2 dari 3 halaman

Berapa porsi ikan yang dianjurkan?

Meskipun ikan baik untuk jantung, konsumsinya tetap sebaiknya dibatasi (sekitar 90 - 120 gr per porsi). Konsumsi ikan paling tidak 2 porsi per minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi ikan dalam jumlah yang berlebih dapat berujung pada peningkatan berat badan, terutama jika Anda makan terlalu banyak ikan yang berlemak yang tinggi kalori.

Bila dibandingkan dengan daging sapi, kambing ataupun ayam, ikan memang mengandung kolesterol yang lebih rendah. Sebagai perbandingan kandungan kolesterol (porsi mentah 100 gr): dada ayam (tanpa kulit) mengandung 57 gr, daging sapi 60 gr, daging kambing 80 gr. Sedangkan ikan mackerel 55 gr dan ikan salmon 50 gr. 

0 Komentar

Belum ada komentar