Sukses

Sehatkah Bubble Tea?

Tahukah Anda manfaat ataupun potensi ancaman kesehatan yang ditimbulkan dari bubble tea? Oleh karena itu ada baiknya ketahui dulu serba-serbi bubble tea sebelum Anda mencobanya. Berikut penjelasannya dr. Nadia Octavia disini.

KlikDokter.com - Saat ini jika Anda pergi ke pusat-pusat perbelanjaan pasti Anda dengan mudahnya menemukan bubble tea. Bubble tea, dengan paduan teh dan bola-bola kenyal memang menghasilkan rasa yang enak dan menyegarkan serta disukai semua kalangan usia.

Namun demikian, tahukah Anda manfaat ataupun potensi ancaman kesehatan yang ditimbulkan dari bubble tea? Oleh karena itu ada baiknya ketahui dulu serba-serbi bubble tea sebelum Anda mencobanya.

Kandungan gizi bubble tea

Bubble tea original umumnya terdiri dari teh hitam atau teh hijau yang dicampur dengan susu, gula serta bola-bola kenyal dari tapioka dan biasanya disajikan dengan es. Selain itu ada juga varian lainnya seperti bubble tea rasa buah-buahan, sirup berperisa ataupun buah-buahan segar yang ditambahkan langsung ke dalam teh nya.

Sebetulnya konsumsi segelas teh hitam atau teh hijau setiap hari nya dapat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung sumber antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, anti peradangan dan anti carcinogen. 

Sehatkah bubble tea? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Sehatkah bubble tea? Berikut penjelasannya:

bubble teaKonsumsi teh hijau atau teh hitam tanpa tambahan pemanis memang baik bagi tubuh. Namun konsumsi bubble tea rutin bukanlah suatu pilihan bijak yang sehat terlebih jika Anda sedang menjalani diet atau membatasi asupan kalori dan gula.

Dalam bubble tea sendiri biasanya mengandung:

  • Sirup berperisa

Pemanis atau buah-buahan yang berpengawet. Hal ini tentu tidak baik karena dapat meningkatkan kadar gula darah

  • Bola-bola kenyal tapioka

Bola-bola ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan lagi-lagi dapat meningkatkan gula darah

  • Non dairy creamer

Creamer mengandung gula dan trans fat yang dapat menyumbat pembuluh darah di dalam tubuh

Segelas bubble tea dengan susu dan bubble mengandung setidaknya 335 kalori. Sehingga jika Anda memiliki berat badan yang berlebih atau sedang menderita diabetes, sebaiknya batasi konsumsi bubble tea Anda.

Bagaimana cara konsumsi bubble tea yang lebih sehat? Berikut tipsnya:

2 dari 3 halaman

Bagaimana cara konsumsi bubble tea yang lebih sehat?

  • Mintalah bubble tea tanpa atau gula yang dikurangi (hal ini juga berlaku untuk sirup dan buah-buahan tambahannya)
  • Mintalah susu yang segar (jika ada, pilihlah susu rendah lemak atau tanpa lemak) sebagai pengganti creamer
  • Kurangi bubble pada bubble tea Anda atau kurangi susu untuk mengurangi kalorinya

0 Komentar

Belum ada komentar