Sukses

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Berikut ini adalah penjelasan dr. Citra Roseno mengenai penanganan dan pengobatan wasir yang dapat dilakukan. Simak disini selengkapnya.

KlikDokter.com - Wasir yang sudah hilang bisa muncul lagi karena beberapa alasan. Untuk mengatasinya, ada beberapa pilihan terapi wasir yang bisa dilakukan, termasuk penyuntikan wasir dengan zat sklerosan sehingga menyebabkan pengerasan dasar pembuluh darah dan membuat perdarahan berhenti.

Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula.

Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum.

Apakah penanganannnya berbeda pada wasir yang berukuran lebih besar? Berikut penjelasannya: 

1 dari 2 halaman

Apakah Penanganannya Berbeda untuk Wasir yang Berukuran Lebih Besar?

wasirSementara untuk wasir yang berukuran lebih besar, umumnya dilakukan terapi bedah haemorrhoidectomy di mana dokter bedah akan memotong jaringan wasir menggunaan laser atau skalpel, kemudian menjahit bekas jaringan yang terpotong. Teknik ini membutuhkan rawat inap dan observasi.

Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Rubber Band Ligation  yaitu karet yang diikatkan pada wasir sehingga jaringan wasir akan mengalami kematian yang pada akhirnya akan lepas sendiri bersamaan dengan buang air besar.

Di samping itu, perhatikanlah pola makan Anda. Penderita wasir sebaiknya menjauhi makanan-makanan olahan yang memiliki kandungan serat rendah. Anda juga perlu menjaga kebersihan anus, berendam di air hangat selama 10-15 menit sebanyak dua-tiga kali sehari, minum cukup air untuk melancarkan fungsi saluran pencernaan, atau menggunakan obat herbal wasir untuk meringankan gejala.

0 Komentar

Belum ada komentar