Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Ketahui Penyebab Libido Wanita Menurun

Menurunnya libido pada wanita dapat dipicu oleh banyak hal. Apa saja penyebabnya?

Kadar libido seorang wanita bisa berubah-ubah. Ada kalanya hasrat seksual Anda tinggi, dan ada kalanya justru menurun. Terdapat banyak hal yang dapat membuat dorongan seksual menurun. 

Apa saja penyebab libido wanita menurun? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

1 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Menurunnya Libido Wanita

Bagaimana seorang wanita dapat dikatakan mengalami penurunan libido? Berikut adalah tanda-tandanya:

  • Merasa seks tidak menyenangkan lagi. Seks menjadi sekadar rutinitas atau justru malah menyakitkan. Biasanya ini menjadi penyebab istri tidak bergairah untuk melakukan hubungan seksual.
  • Tidak memiliki ketertarikan untuk melakukan aktivitas seksual, termasuk masturbasi.
  • Tidak memiliki fantasi mengenai seks.
  • Tidak memberikan respons terhadap rangsangan seksual

Jika merasakan salah satu gejala di atas, bisa jadi Anda telah mengalami penurunan libido. 

Artikel Lainnya: Pengaruh Hormon Testosteron pada Gairah Seks Wanita

2 dari 4 halaman

Penyebab Gairah Seksual Menurun pada Wanita

Berikut adalah penyebab libido wanita menurun:

  1. Faktor Biologis

Dalam melakukan hubungan seksual tentunya dibutuhkan energi yang cukup dan keadaan tubuh yang bugar. Faktor biologis seperti kelelahan dan kurang tidur bisa menjadi penyebab menurunnya hasrat seksual seorang wanita. 

Menurut beberapa penelitian, kelelahan menyebabkan penurunan kadar DHEA dan testosterone, di mana rendahnya kadar kedua hormon ini berkaitan dengan penurunan dorongan seksual.

  1. Faktor Psikologis

Penyebab libido wanita menurun selanjutnya adalah karena faktor psikologis. Misalnya, stres, depresi, atau adanya perselisihan dengan pasangan.

Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol sebagai penyeimbang. Namun, hormon kortisol ini menghambat produksi hormon testosteron, sehingga berdampak pada penurunan gairah seksual seseorang. 

  1. Sedang Menyusui

Pada wanita yang sedang menyusui, kadar prolaktin di dalam tubuh tinggi. Prolaktin yang tinggi di dalam tubuh dapat menurunkan dorongan seksual wanita. Sehingga, hal ini bisa menjadi penyebab wanita tidak bergairah lagi. 

  1. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang mengandung hormon pada beberapa wanita memberikan efek menurunnya hasrat seksual. 

Artikel Lainnya: Impotensi pada Wanita, Bisakah?

  1. Perubahan Hormon Seksual

Perubahan hormon seksual juga bisa menjadi penyebab libido wanita menurun.

  1. Menopause

Pada saat menopause hormon estrogen dan testosterone juga mengalami penurunan drastis, sehingga terjadi penurunan gairah seksual, ditambah dengan gejala keringnya daerah vagina  dikarenakan kurangnya pelumas vagina menambah turunnya hasrat seksual. 

Kondisi menopause ini sering memicu masalah seksual pada wanita, sehingga sangat perlu diperhatikan. 

  1. Menurunnya Kadar Testosteron

Menurunnya kadar testosteron bisa menjadi penyebab gairah seksual menurun pada wanita. 

Hormon testosteron seperti kita ketahui terdapat pada pria. Namun, wanita juga memiliki hormon tersebut untuk meningkatkan gairah seksual dan memberikan lubrikasi di daerah vagina. 

  1. Tingginya Kadar SHBG (Sex Hormone Binding Globulin)

Wanita yang memiliki SHBG dalam jumlah tinggi biasanya tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim.  SHBG merupakan protein yang mengikat testosteron. Inilah yang akan menurunkan libido wanita.

Artikel Lainnya: Minum Kopi Bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengembalikan Gairah Wanita?

Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk mengembalikan libido seks wanita? Berikut adalah pilihan penanganan yang ada:

  1. Pemberian Obat-obatan atau Terapi Hormon

Mungkin Anda membutuhkan peresepan obat-obatan tertentu untuk menunjang libido, seperti flibanserin. Jika masalahnya terletak pada hormon, maka terapi hormon adalah pilihan penanganan yang sesuai. 

Terapi hormon estrogen membantu meningkatkan hasrat seksual pada wanita dengan kadar estrogen yang rendah. Sementara, penurunan libido akibat keringnya vagina bisa diatasi dengan pemberian krim estrogen vagina.

Selain itu, penggunaan suplemen testosteron juga membantu meningkatkan hasrat seksual pada wanita dengan disfungsi seksual. 

  1. Konseling Seks

Berkonsultasilah dengan dokter, terapis seks, atau psikologi jika mengalami gangguan ini. 

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang kurang sehat tentu akan berpengaruh pada libido. Untuk itu usahakan olahraga rutin, hindari makanan yang kurang sehat, alkohol serta rokok. 

Jika Anda kurang tidur, luangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat, jangan tidur terlalu malam. Jika bisa, luangkan waktu untuk berlibur bersama dengan pasangan Anda. 

  1. Komunikasi dengan Pasangan

Yang terakhir adalah memperbaiki komunikasi dengan pasangan Anda. Ada baiknya jika Anda melihat kembali masalah yang dialami, lalu membicarakannya dengan baik-baik guna mencari solusi bersama.

Lakukan sesuatu yang baru saat berhubungan intim, seperti posisi seks yang berbeda, role play, atau penggunaan mainan seks, agar tidak merasa bosan.

Itulah penjelasan seputar libido seks wanita yang menurun. Jika Anda salah satu di antaranya, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan ahli agar mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar