Sukses

5 Penyebab Menurunnya Libido Wanita

ada baiknya pria mengetahui apa yang menjadi penyebab menurunnya hasrat seksual pada wanita. Berikut pemaparannya bersama dr. Dyah Novita Anggraini disini.

KlikDokter.com - Meskipun hasrat seksual wanita tidak sebesar pria, namun jika terjadi penurunan hasrat seksual pada wanita, tentunya bisa berpengaruh terhadap kebutuhan biologis pasangannya. Sejumlah penelitian medis telah menyimpulkan bahwa kehidupan seks dapat mengontrol stres, meningkatkan kesehatan fisik, mengurangi risiko penyakit mental dan meningkatkan hubungan dengan pasangan.

Oleh karena itu ada baiknya pria mengetahui apa yang menjadi penyebab menurunnya hasrat seksual pada wanita.

1. Faktor Biologis

Dalam melakukan hubungan seksual tentunya dibutuhkan energi yang cukup dan keadaan tubuh yang bugar, faktor biologis seperti kelelahan dan kurang tidur bisa menjadi faktor yang memicu menurunnya hasrat seksual seorang wanita. Menurut beberapa penelitian, kelelahan menyebabkan penurunan kadar DHEA dan testosterone, dimana rendahnya kadar kedua hormon ini berkaitan dengan penurunan dorongan seksual.

Untuk mengatasinya jika Anda kurang tidur, luangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat, jangan tidur terlalu malam, jika bisa luangkan waktu untuk berlibur bersama dengan pasangan Anda.  

1 dari 4 halaman

2. Faktor psikologis

Faktor psikologis yang menyebabkan menurunnya hasrat seksual wanita antara lain: stress, depresi, adanya perselisihan dengan pasangan. Pada saat stress tubuh memproduksi hormon kortisol sebagai penyeimbang, namun hormon kortisol ini menghambat produksi hormon testosterone, sehingga berdampak penurunan gairah seksual seseorang. Jika penyebabnya berkaitan dengan faktor psikologis, cobalah untuk berlibur untuk menenangkan

3. Sedang Menyusui

Pada wanita yang sedang menyusui kadar prolaktin didalam tubuh tinggi. Prolaktin yang tinggi di dalam tubuh menurunkan dorongan seksual wanita.

4. Memakai alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang mengandung hormon pada beberapa wanita memberikan efek menurunnya hasrat seksual. 

2 dari 4 halaman

5. Perubahan Hormon Seksual

  • Menopause. Pada saat menopause hormon estrogen dan testosterone juga mengalami penurunan drastis, sehingga terjadi penurunan gairah seksual, ditambah dengan gejala keringnya daerah vagina  dikarenakan kurangnya pelumas vagina menambah turunnya hasrat seksual.
  • Menurunnya kadar testosterone.  Hormon testosterone seperti kita ketahui bahwa terdapat pada pria, namun wanita juga memiliki hormon tersebut untuk meningkatkan gairah seksual dan memberikan lubrikasi di daerah vagina.
  • Tingginya Kadar SHBG (sex hormon binding globulin). Wanita yang memiilki SHBG dalam jumlah tinggi biasanya tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim.  SHBG  merupakan protein yang mengikat testosterone. Inilah yang akan menurunkan libido wanita.

Kemudian, apa yang dapat dilakukan jika kendala hormon menghambat aktivitas seksual? Berikut penjelasan pilihan solusi penanganan yang ada:

3 dari 4 halaman

Terapi hormon untuk mengatasinya:

Terapi estrogen membantu meningkatkan hasrat seksual pada wanita dengan kadar estrogen yang rendah.

  • Topical estrogen

Penurunan libido akibat keringnya vagina bisa diatasi dengan pemberian krim estrogen vagina. Krim ini akan membantu Anda meningkatkan pelumasan pada vagina dan meningkatkan gairah seksual pada wanita menopause.

  • Terapi testosteron

Penggunaan suplemen testosteron ini juga membantu meningkatkan hasrat seksual pada wanita dengan disfungsi seksual. Terapi ini bisa digunakan pada wanita post-menopause, yang memiliki masalah dengan gairah seksual dan kesulitan mendapatkan kepuasan seksual.

0 Komentar

Belum ada komentar