Pencernaan

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

dr. Citra Roseno, 05 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berikut ini 6 makanan pantangan untuk penderita wasir yang wajib diketahui dari penjelasan dr. Citra Roseno disini.

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

KlikDokter.com - Bila Anda menderita wasir, berarti Anda harus lebih menjaga pola makan. Salah langkah bisa memperparah penyakit Anda. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar sistem pencernaan tetap bagus, sehingga sakit pada wasir pun bisa dikendalikan. Berikut ini 6 makanan pantangan untuk penderita wasir yang wajib diketahui:

1. Obat pencahar 

Obat pencahar memang dapat mencegah sembelit, namun juga memiliki efek yang menyakitkan untuk penderita wasir karena memiliki kandungan asam yang tinggi. 

2. Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit pada wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari satu atau dua gelas minuman beralkohol.

Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir:

Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir:

3. Makanan olahan 

Makanan olahan seperti junk food memiliki kandungan serat yang rendah, sehingga dapat mengakibatkan sembelit. 

4. Garam

Terlalu banyak garam dapat memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Selain itu, penumpukan garam dalam darah dapat menyebabkan kembung, yang berpotensi membuat wasir bengkak dan lebih sensitif.

5. Makanan goreng

Makanan goreng dapat merusak wasir dalam dua cara. Pertama, makanan goreng sulit dicerna. Hal itu tentu dapat memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan, sehingga Anda lebih sulit untuk buang air besar. Kedua, makanan yang digoreng biasanya dimasak dengan minyak nabati seperti jagung, kedelai, dan minyak lobak. Tiga jenis minyak tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus. 

6. Makanan pedas 

Bila wasir bengkak, menjauhlah dulu dari makanan pedas selama beberapa hari sampai sakit pada wasir berkurang. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan membuat rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan. 

BABberdarahWasir

Konsultasi Dokter Terkait