Sukses

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

Simak penjelasan dr. Citra Roseno mengenai menu makanan dan minuman apa saja yang dapat membantu masalah wasir Anda berikut ini disini.

KlikDokter.com - Wasir memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Potensi penyebabnya bermacam-macam di antaranya kehamilan, obesitas, duduk dalam jangka waktu yang lama, masalah pencernaan kronis serta diet rendah serat. Pada umumnya, wasir dapat hilang dengan sendirinya. Selain obat-obatan, perubahan pola makan berpotensi mencegah atau mengurangi gejala. 

Inilah empat jenis makanan yang dapat mengatasi wasir:

1. Yoghurt dan kefir 

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, yoghurt dan kefir dapat mencegah dan mengobati wasir. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga dapat menjaga kesehatan dinding usus dan membantu fungsi kerja usus. Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus.

Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda:

 

1 dari 2 halaman

Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda:

2. Sayur dan buah-buahan

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meringankan sembelit, mengurangi ketegangan dan rasa sakit saat buang air besar. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi seperti apel, pir, alpukat, kacang polong, brokoli, sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, serta labu.

3. Gandum

Biji gandum mengandung komposisi serat yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa serat sangat membantu dalam menangani berbagai masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Serat juga berperan mengikat lemak jenuh yang berasal dari makanan. 

4. Cairan

Minumlah air putih yang banyak. Hindari kafein, alkohol dan minuman yang mengandung gula tinggi.

Selain pola makan yang baik, mengonsumsi ramuan obat herbal juga bisa dilakukan. Salah satunya dengan Hemorid. Terbuat dari temulawak, daun wungu dan daun andong, Hemorid efektif mengurangi nyeri dan pendarahan pada wasir, serta mengempiskan tonjolan wasir.  

0 Komentar

Belum ada komentar