Sukses

Inilah Efek Samping dari Obat Kolesterol Statin

Obat statin adalah golongan obat yang bekerja dengan menurunkan nilai kolesterol terutama kolesterol jahat yaitu LDL, namun tahukah Anda, ternyata obat ini memiliki efek samping? Berikut penjelasannya dari dr. Adithia Kwee disini.

KlikDokter.com - Obat statin adalah golongan obat yang bekerja dengan menurunkan nilai kolesterol terutama kolesterol jahat yaitu LDL, selain itu obat statin juga penting dalam mencegah terjadinya kekakuan pembuluh darah yang meningkatkan kerentanan terhadap penyakit jantung, Karena alasan di atas maka angka penggunaan statin pun tinggi, dan ketika penggunaan sebuah obat tinggi, maka laporan akan adanya  efek samping meminum obat biasanya meningkat.

Salah satu efek samping yang cukup mengejutkan adalah memory loss atau hilangnya ingatan dan sulit dalam mengingat sesuatu yang baru. Beberapa pasien mengaku menjadi mudah lupa.

Hal ini kemudian dipelajari dan semakin menimbulkan banyak kontroversi . Dengan kesimpulan akhir adalah obat statin golongan simvastatin memiliki faktor risiko yang lebih besar untuk gangguan ingatan dibandingkan dengan obat statin lainnya.

Obat atorvastatin dan pravastatin tercatat aman dan tidak pernah dilaporkan menimbulkan memory loss. Karena itu Anda dapat cukup lega dalam mengkonsumsi obat statin jenis ini. Namun hendaknya Anda menjadi lebih memperhatikan tubuh Anda setelah membaca artikel ini. Seringkali kita meminum obat tanpa menyadari efek samping yang dialami tubuh kita.

Padahal tidak ada orang lain yang lebih memhamai tubuh kita dibandingkan diri kita sendiri. Jadi jika Anda mulai sering melupakan meletakkan benda atau hal lainnya, segera hubungi dokter Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar