Diet dan Nutrisi

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

dr. Nadia Octavia, 05 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernahkah Anda terpikirkan makanan apa yang dapat membantu kebugaran dan tujuan target berat badan yang hendak Anda inginkan ketika hendak atau selesai berolahraga? Disini dr. Nadia Octavia punya resepnya.

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

KlikDokter.com - Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna di dalam tubuh. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan sudah tercerna secara tepat sebelum memulai aktivitas olahraga apapun. Untuk mengubah makanan Anda menjadi energi dibutuhkan waktu, untuk itu sebaiknya Anda makan maksimal 3-4 jam sebelum berolahraga.

Hal ini merupakan estimasi saja, namun kembali lagi bergantung dari kecepatan metabolisme dan pencernaan Anda. Jika Anda tidak dapat menunggu selama itu, hindari makan dalam porsi besar sebelum melakukan olahraga yang berat karena dapat berujung pada mual dan muntah.

Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Berikut penjelasannya:

Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga?

Sebelum memulai olahraga dengan intensitas sedang hingga berat, pilihlah makanan yang rendah lemak namun tinggi karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup. Makanan yang tinggi lemak akan mempengaruhi performa Anda ketika berolahraga.

Jadi, hindari makanan yang digoreng. Nasi, kentang atau pasta dapat menjadi pilihan Anda sebelum berolahraga. Anda juga dapat menambahkan yoghurt ataupun jus buah segar. 

Apa yang Sebaiknya Dimakan Setelah Berolahraga? Berikut penjelasannya:

Apa yang Sebaiknya Dimakan Setelah Berolahraga?

makan, olahragaMakan setelah berolahraga juga berarti mengembalikan cadangan energi yang terbuang. Jika aktivitas olahraga Anda berat dan melelahkan, wajar jika Anda merasakan lebih capek dan lapar karena olahraga tersebut telah menghabiskan cadangan energi Anda.

Setelah berolahraga, Anda dapat memilih makanan tinggi karbohidrat dan protein serta tentu saja rendah lemak untuk mengembalikan cadangan energi Anda. Pastikan juga Anda minum air yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang. 

makanOlahragaBerat

Konsultasi Dokter Terkait