Diet dan Nutrisi

15 Manfaat Melimpah Buah Duku untuk Kesehatan

Aprinda, 24 Agt 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Berbagai manfaat buah duku, Meskipun bentuknya kecil, dipercaya dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat nya? Yuk simak selengapnya di sini!

15 Manfaat Melimpah Buah Duku untuk Kesehatan

Duku atau yang bernama latin Lansium parasiticum, merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Itulah sebabnya duku sangat mudah ditemui di Indonesia.

Meski begitu, buah ini adalah salah satu buah musiman yang hanya tumbuh satu kali dalam setahun. Selain itu, duku hanya tumbuh dengan baik di area yang lembap dan teduh.

Tampilannya yang kecil tak lantas membuat buah ini kehilangan peminat. Nyatanya, buah ini banyak disukai karena rasanya yang dominan manis. Selain enak, ternyata ada beragam manfaat konsumsi.

Berikut berbagai manfaat buah duku untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Kaya Nutrisi

Makan buah duku bisa membantu kamu mencukupi kebutuhan nutrisi per harinya. Berikut berbagai kandungan zat gizi buah duku sebanyak 100 gram:

  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 16,1
  • Serat: 4,3 gram
  • Kalsium: 18 mg
  • Fosfor: 9 gram
  • Zat besi: 0, 9 mg
  • Kalsium: 2mg
  • Kalium: 149 mg
  • Tembaga: 0,09 mg
  • Zink: 0,2 mg
  • Vitamin B1: 0,5 mg
  • Vitamin B2: 1,5 mg
  • Vitamin B3: 9 mg

2. Menguatkan Gigi

Konsumsi buah duku dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi. Pasalnya, kandungan fosfor di dalam duku membuat khasiat buah duku mampu menjaga agar gigi tetap kuat.

Gigi yang kuat dan sehat tentu akan berfungsi secara optimal dalam mendukung kamu makan, berbicara, dan membentuk wajah.

3. Menyehatkan Gusi

Kandungan vitamin C dalam buah duku dapat memberikan manfaat perlindungan pada gusi.

Vitamin ini bisa membantu agar gusi tidak mudah berdarah, serta mencegah terbentuknya sariawan di dalam rongga mulut.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat di dalam duku cukup banyak dan bisa menunjang sistem pencernaan. Pasalnya, serat bisa menjadi makanan untuk bakteri baik di usus.

Dengan terjaganya keseimbangan bakteri baik di usus, kesehatan pencernaanmu juga turut terlindungi. Bakteri baik bisa meningkatkan sistem imun dan membantu memecah zat gizi makanan.

5. Mencegah Sembelit

Manfaat serat pada duku, tidak hanya menjaga keseimbangan bakteri baik saja. Serat juga bisa membantu mencegah sembelit.

Khasiat buah duku ini didapat dari kemampuan serat dalam menjaga tekstur feses tetap lunak. Dengan begitu, feses dapat melewati usus besar dan dikeluarkan dari dalam tubuh dengan mudah.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Sembelit yang Patut Dicoba

6. Mengontrol Terjadinya Peradangan

Salah satu manfaat buah duku adalah mampu mengontrol peradangan di dalam tubuh agar tidak berlangsung lama. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam batang dan biji buah duku.

Peradangan sendiri dapat menyebabkan masalah kesehatan, contohnya radang sendi yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

7. Mengusir Nyamuk

Meski terkesan ringan, gigitan nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit yang tidak menguntungkan. Sebab, tidak semua orang yang digigit nyamuk hanya merasakan gatal yang berlangsung sebentar.

Ada pula yang mengalami rasa gatal yang sangat berat hingga permukaan kulit menjadi lecet akibat garukan. Lebih parahnya lagi, gigitan nyamuk juga bisa menjadi perantara perpindahan virus demam berdarah, malaria, atau kaki gajah pada manusia.

Nah, untuk menghindarinya, kamu bisa mengambil manfaat dari buah duku. Secara tradisional, kulit buah duku yang dibakar dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit akibat gigitan nyamuk karena aromanya yang tidak disukai nyamuk.

8. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Kulit buah duku telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti ruam kemerahan, jerawat, gatal-gatal, dan lainnya.

Menggosokkan kulit duku pada area yang terlibat dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Selain itu, ada kebiasaan tradisional yang dilakukan beberapa orang, yakni dengan menggunakan getah dari batang duku untuk meredakan pembengkakan dan luka pada kulit.

Tak hanya itu, secara tradisional, bubuk yang diolah dari batang duku juga telah digunakan untuk mengatasi gigitan kalajengking. Manfaat buah duku ini disebut-sebut dapat meminimalkan reaksi alergi yang terjadi dan mengurangi proses peradangan pada lokasi tubuh yang terinfeksi.

9. Menurunkan Demam

Biji buah duku yang digerus dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh sehingga berguna untuk mengatasi demam.

Manfaat buah duku ini semakin optimal dengan adanya vitamin C yang mendorong sistem imun tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi.

10. Cocok untuk Diet

Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Sebanyak 100 gram buah duku terdapat 63 kalori yang dapat digunakan tubuh sebagai bahan bakar energi.

Selain itu, buah duku juga mengandung protein dan serat yang bisa mengenyangkan perut lebih lama. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah lapar dan bisa mengurangi asupan kalori.

Artikel Lainnya: 17 Jenis Sayuran untuk Diet yang Bisa Anda Coba

11. Melawan Radikal Bebas

Salah satu kandungan buah duku adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan, yang merupakan senyawa untuk menangkal radikal bebas, baik yang diproduksi dalam tubuh maupun yang diperoleh dari luar.

Radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif yang bisa berujung dengan kerusakan sel. Dengan adanya manfaat antioksidan dari buah duku, itu artinya kamu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

12. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Antioksidan dari buah duku tidak cuma berpotensi untuk melawan radikal bebas, tapi juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Penyakit kronis yang dimaksud adalah kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Jadi, antioksidan bisa mencegah kerusakan sel yang sering kali memicu sel kanker dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

13. Aman untuk Lambung

Buah duku yang sudah umumnya terasa manis. Oleh karenanya, orang dengan masalah lambung bisa mengonsumsi buah ini.

Selain tidak asam, kandungan nutrisinya juga menyehatkan pencernaan, termasuk organ lambung.

14. Mendukung Kehamilan yang Sehat

Buah duku bisa jadi camilan sehat untuk ibu hamil. Pasalnya, buah ini mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan.

Selain menjaga kesehatan ibu hamil, nutrisi tersebut juga dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin.

15. Menstabilkan Tekanan Darah

Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga kesimbangan kadar natrium dalam tubuh. Pasalnya, kadar natrium yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah dan berisiko memicu hipertensi.

Buah duku dikenal kaya dengan kalium. Itu artinya, jika buah duku dikonsumsi secara rutin, tekanan darahmu bisa terkendali.

Artikel Lainnya: 21 Makanan Penurun Darah Tinggi Alami yang Ampuh

Buah duku memang bisa dijadikan pilihan untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Namun, konsumsi duku bukanlah satu-satunya jalan agar kamu terhindar dari penyakit. Hal ini perlu dibarengi dengan pola hidup sehat.

Meski banyak digunakan secara tradisional, manfaat buah duku untuk kesehatan masih perlu dibuktikan dengan penelitian lanjutan menggunakan sampel yang lebih besar. Hal ini dilakukan agar ada bukti ilmiah yang kuat untuk menggunakan buah duku sebagai penunjang terapi.

Ingin tahu lebih banyak informasi seperti ini untuk bantu #JagaSehatmu? Download aplikasi KlikDokter dan gunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan dokter lebih mudah!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait