Sukses

Kenali Manfaat Buah Duku bagi Tubuh

Meskipun bentuknya kecil, buah duku dipercaya dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan Anda.

Duku, atau yang bernama latin Lansium parasiticum, merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Hal inilah yang membuat duku sering ditemukan di Indonesia. 

Meski begitu, buah ini adalah salah satu buah musiman yang hanya tumbuh satu kali dalam setahun. Selain itu, duku hanya tumbuh dengan baik di area yang lembap dan teduh. 

Tampilannya yang kecil tak lantas membuat buah ini kehilangan peminat. Nyatanya, buah ini banyak disukai karena rasanya yang dominan manis. Selain enak, ternyata ada beragam manfaat buah duku untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan.

1 dari 2 halaman

Manfaat Sehat Buah Duku

Sama seperti buah-buahan lainnya, buah duku juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Meski ukurannya kecil, kandungan buah duku sangat melimpah sehingga dapat membawa banyak khasiat. 

Berikut adalah manfaat buah duku untuk kesehatan:

  1. Menguatkan Gigi dan Menjaga Gusi

Konsumsi buah duku dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi Anda. Pasalnya, kandungan fosfor di dalam duku membuat khasiat buah duku mampu menjaga agar gigi Anda tetap kuat.

Kandungan vitamin C dalam buah duku juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi. Vitamin ini bisa membantu agar gusi tidak mudah berdarah, serta mencegah terbentuknya sariawan di dalam rongga mulut.

Artikel Lainnya: Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

  1. Mencegah Diare

Sama halnya dengan buah-buahan lain yang mengandung serat, buah duku pun demikian. Serat di dalam duku cukup banyak dan bisa menunjang sistem pencernaan Anda. Manfaat buah duku ini dapat melancarkan saluran pencernaan agar Anda tidak mengalami sembelit maupun diare

  1. Sebagai Antioksidan

Salah satu kandungan buah duku adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan, yang merupakan senyawa untuk menangkal radikal bebas, baik yang diproduksi dalam tubuh Anda maupun yang diperoleh dari luar.

Alhasil, manfaat buah duku dapat membantu Anda terhindar dari berbagai hal yang merusak tubuh. Salah satunya penuaan dini.

  1. Mengontrol Terjadinya Peradangan

Salah satu manfaat buah duku adalah mampu mengontrol peradangan di dalam tubuh agar tidak berlangsung lama. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam batang dan biji buah duku.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Kulit Jeruk yang Tak Pernah Anda Duga

  1. Mengusir Nyamuk

Meski terkesan ringan, gigitan nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit yang tidak menguntungkan. Sebab, tidak semua orang yang digigit nyamuk hanya merasakan gatal yang berlangsung sebentar. Ada pula yang mengalami rasa gatal yang sangat berat hingga permukaan kulit menjadi lecet akibat garukan.

Hal ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang menjadi perantara virus demam berdarah atau parasit malaria, juga kaki gajah. 

Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa mengambil manfaat dari buah duku. Secara tradisional, kulit buah duku yang dibakar dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit akibat gigitan nyamuk karena aromanya yang tidak disukai nyamuk.

  1. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Kulit buah duku telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti ruam kemerahan, jerawat, gatal-gatal, dan lainnya. Menggosokkan kulit duku pada area yang terlibat dapat mengurangi keluhan, peradangan, serta rasa gatal.

Selain itu, ada kebiasaan tradisional yang dilakukan beberapa kelompok individu, yakni dengan menggunakan getah dari batang duku untuk meredakan pembengkakan dan luka pada kulit. 

Tak hanya itu, secara tradisional, bubuk yang diolah dari batang duku juga telah digunakan untuk mengatasi gigitan kalajengking. Manfaat buah duku disebut-sebut dapat meminimalkan reaksi alergi yang terjadi dan mengurangi proses peradangan pada lokasi tubuh yang terinfeksi.

Artikel Lainnya: Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

  1. Menurunkan Demam

Biji buah duku yang digerus dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh sehingga berguna untuk mengatasi demam. Hal ini juga dibantu oleh kandungan vitamin C yang dapat mengurangi gejala pilek dan flu.

  1. Mengandung Vitamin A

Khasiat buah duku diperoleh dari vitamin A yang menjadi salah satu kandungannya. Sebagai suatu kofaktor yang berperan menjaga berbagai fungsi penting pada tubuh, vitamin A mampu menjaga kesehatan kulit, mata, gigi, jaringan rangka, serta membran mukosa. 

Buah duku memang bisa dijadikan pilihan untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Namun, konsumsi duku bukanlah satu-satunya jalan agar Anda terhindar dari penyakit. Hal ini perlu dibarengi dengan pola hidup sehat.

Meski banyak digunakan secara tradisional, manfaat buah duku untuk kesehatan masih perlu dibuktikan dengan penelitian lanjutan menggunakan sampel yang lebih besar. Hal ini dilakukan agar ada bukti ilmiah yang kuat untuk menggunakan buah duku sebagai penunjang terapi.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui sebabnya sehingga penanganan dapat dilakukan secara tepat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar