Sukses

Sub Health? Awas Bisa Jadi Anda Sedang Mengalaminya Saat ini!

Anda pernah merasa tidak enak badan? Tapi begitu Anda periksa ke dokter, tubuh Anda divonis sehat-sehat saja. Kondisi tersebut akrab dikenal dengan istilah sub-health. Kondisi diantara status sehat tubuh, namun masih diambang kurang sehat. Apa itu sub-health, simak selengkapnya disini.

Klikdokter.com - Pernahkah Anda mengalami kejadian ini? Anda membawa mobil ke bengkel karena Anda merasa mobil Anda sedang berat atau kurang enak untuk dikendarai. Setelah mengeceknya montir mengatakan bahwa mobil Anda baik-baik saja, kemudian Anda disuruhnya datang kembali jika sesuatu terjadi pada mobil Anda. Anda pun meninggalkan bengkel dengan was-was karena Anda takut mobil Anda tiba-tiba rusak di tengah jalan.

Mungkin itu perumpamaan yang tepat untuk kondisi sub-health.

Apa Itu Sub Health?

Menurut World Health Organization (WHO), sub-health merupakan suatu gejala di mana seseorang berada di antara kondisi sehat dan kondisi sakit, yakni ketika tes medis mengatakan hasil kesehatan Anda normal padahal Anda sendiri merasa tidak nyaman dengan tubuh Anda bahkan sakit. Seorang pakar kesehatan dari Hong Kong mengatakan bahwa sub-health berbeda dari penyakit lainnya. Seseorang yang mengalami kondisi sub-health terlihat normal, dan kebanyakan dari mereka tidak tahu apa itu sesungguhnya sub-health sehingga mereka tidak mengerti bagaimana cara mengantisipasinya. 

1 dari 3 halaman

Apa Saja Tanda-tandanya?

  • sub-healthAnda menderita sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) yang berhubungan dengan stres berkepanjangan. Gejala-gejalanya antara lain adalah mudah lupa, sulit berkonsentrasi, sakit tenggorokan, demam, dan nyeri otot.
  • Anda merasa tidak nafsu makan, pusing, depresi, dan performa seksual menurun sebagai akibat dari gangguan endokrin, menopause, dan lanjut usia.  
  • Anda mengalami detak jantung yang tidak menentu, kurang berkeringat, dan lemas setelah Anda mengidap suatu penyakit serius atau kronis. 
2 dari 3 halaman

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mengatasi kondisi sub-health, ada tiga hal yang perlu Anda lakukan:

  • Memulai kebiasaan hidup sehat seperti tidur cukup, tidak merokok, dan berolahraga secara rutin.
  • Diet yang seimbang dan sesuai dengan anjuran dokter.
  • Mengonsumsi suplemen kesehatan alami, seperti saripati ayam karena kandungannya dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh, mengembalikan zat besi, mengurangi keletihan mental, dan sejumlah manfaat lainnya.

0 Komentar

Belum ada komentar