Sukses

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun sering menjadi bahan perdebatan mengenai kapan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Pagi, siang, atau malam hari? Berikut penjelasan dr. Dina Kusumawardhani disini.

KlikDokter.com - Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun sering menjadi bahan perdebatan mengenai kapan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Pagi, siang, atau malam hari?

Profesor kedokteran olahraga, Russel Pate dari University of South Carolina mengatakan “waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu dimana Anda dapat secara konsisten melakukannya.” Hal ini karena manfaat aktivitas fisik atau olahraga tergantung pada konsistensi.

Olahraga bukan hanya mengenai waktu, tapi juga mengenai jenis, lama, dan tempat olahraga, juga dengan siapa kita berolahraga. Keempat hal tersebut dapat mempengaruhi konsistensi kita dalam berolahraga.

Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore?

olahragaAda,tapi perbedaannya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan efek olahraga yang dilakukan secara konsisten.

Jika Anda bukan orang yang bisa bangun pada pagi hari, maka tidak perlu olahraga pada pagi hari. Carilah waktu dimana Anda bisa secara konsisten berolahraga minimal 3x/minggu selama minimal 30 menit pada setiap sesinya. Misalnya sore hari saat pulang kerja atau sekolah.

Olahraga pada malam hari kurang dianjurkan karena tubuh sebaiknya berada pada keadaan istirahat menjelang tidur, dimana tidak ada peningkatan suhu tubuh atau denyut jantung. Olahraga pada malam hari dikhawatirkan akan mengganggu kualitas tidur.

2 dari 3 halaman

Kelebihan olahraga pada pagi hari

olahraga Jika ingin menurunkan berat badan, olahraga pada pagi hari sebelum sarapan mungkin akan membantu. Hal ini karena jumlah kalori dan lemak yang dibakar akan lebih banyak. Sebuah penelitian menunjukkan olahraga pada pagi hari meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan berat badan.

Selain itu, olahraga pagi hari juga dapat membuat kita lebih disiplin waktu dan mengurangi kemungkinan gangguan dari kegiatan yang tak terduga pada siang atau sore hari yang menyebabkan kita menunda atau batal berolahraga.

Sekali lagi yang perlu diingat, kuncinya adalah olahraga kapan pun Anda bisa, baik pagi, siang atau malam. Tujuan utamanya adalah tubuh bergerak sebanyak mungkin.

0 Komentar

Belum ada komentar