Sukses

Jangan Sepelekan Sakit Maag

Sakit maag sudah bukan barang baru di tengah masyarakat kita, lihatlah sekitar dan Anda akan menemukan penderita maag, atau justru Anda sendiri, iklan-iklan di radio dan televisi pun mempromosikan obat maag bak kacang goreng. Namun sudahkah Anda memahami sakit maag dengan benar? Simak selengkapnya disini bersama dr. Adithia Kwee.

KlikDokter.com - Sakit maag sudah bukan barang baru di tengah masyarakat kita, lihatlah sekitar dan Anda akan menemukan penderita maag, atau justru Anda sendiri, iklan-iklan di radio dan televisi pun mempromosikan obat maag bak kacang goreng. Namun sudahkah Anda memahami sakit maag dengan benar?

Dalam dunia medis , sakit maag dikenal dengan sebutan gastritis, terambil dari kata gaster yang artinya lambung, dan akhiran –itis yang berarti peradangan, gastritis tak lain adalah peradangan pada lambung, sehingga penderitanya akan merasakan perih dengan intensitas yang berbeda-beda, tergantung tingkat keparahan penyakit.

Pada dasarnya lambung kita dilapisi dengan lapisan yang dapat menahan asam lambung, namun dalam keadaan tertentu lapisan ini dapat hilang dan tidak menjalankan fungsinya. Akibatnya? Asam lambung akan mengikis dinding lambung perlahan-lahan, dan menimbulkan luka.

Banyak sebab yang dapat menimbulkan luka pada lambung, antara lain kebiasaan mengkonsumsi jamu dan obat-obat penahan sakit, efek sampingan obat-obatan ini adalah menghilangkan lapisan penahan asam pada lambung sehingga dinding lambung pun menjadi lebih rentan. 

1 dari 2 halaman

Penyebab Sakit Maag

Penyebab lain yang mungkin adalah infeksi dari Helicobacter pylori, bakteri ini memiliki sifat tahan asam dan dapat tumbuh merajarela di dinding lambung, aktivitas bakteri ini seiring waktu juga akan membuat lubang luka pada lambung.

Ketika sudah timbul luka, maka nyeri yang akan dirasakan penderita akan semakin hebat. Gejala yang dapat muncul antara lain BAB yang berwarna hitam, perubahan warna menjadi hitam ini disebabkan darah yang keluar dari dinding lambung yang terluka. Untuk mengetahui seberapa parah luka yang ada pada lambung, maka endoskopi harus dilakukan. Endoskopi bisa kita sebut sebagai teropong untuk melihat kontur dinding lambung, melalui alat ini juga keparahan luka dapat dinilai dan kemudian ditangani.

Jadi pelajaran bagi Anda dan saya adalah, jangan pernah remehkan sakit maag, obati dan hindari makanan-makanan yang dapat memperburuk sakit maag Anda, misalnya sambal, atau kopi. 

0 Komentar

Belum ada komentar