Sukses

Jenis-jenis Penyakit Jantung Bawaan

Tahukan Anda setiap tahunnya lebih dari 45.000 bayi lahir dengan kelainan jantung di Indonesia? Ketidaktahuan masyarakat dan minimnya informasi yang sampai ke masyarakat mengenai penyakit ini masih menjadi masalah di Indonesia. Simak selengkapnya disini bersama dr. Anita Amalia Sari.

jantung, bawaanKlikdokter.com - Tahukan Anda setiap tahunnya lebih dari 45.000 bayi lahir dengan kelainan jantung di Indonesia? Ketidaktahuan masyarakat dan minimnya informasi yang sampai ke masyarakat mengenai penyakit ini masih menjadi masalah di Indonesia.

Penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan kelainan yang di dapat bayi sejak masih dalam kandungan akibat gangguan pembentukan dan perkembangan jantung. Hal ini menyebabkan perubahan aliran darah normal di jantung.

Jantung terdiri dari empat ruangan, dua di kanan dan dua kiri. Jantung menggunakan masing-masing ruangan di kanan dan kiri untuk melaksanakan tugas utamanya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung bagian kanan bertugas untuk memompa darah ke paru-paru sedangkan bagian kiri jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Terdapat berbagai macam kelainan jantung bawaan. Mulai dari adanya lubang pada pembatas antar ruang jantung hingga kelainan yang lebih kompleks seperti kombinasi beberapa kelainan, kelainan letak pembuluh darah ke dan dari jantung, dan gangguan-gangguan serius lainnya yang berhubungan dengan perkembangan jantung yang tidak sempurna. Berikut adalah beberapa kelainan jantung bawaan secara garis besar:

1 dari 6 halaman

1. Lubang di Jantung (Jantung Bocor)

jantungTerdapat dinding penyekat di antara ruang-ruang jantung. Dinding penyekat tersebut berfungsi untuk mencegah tercampurnya darah kaya oksigen dengan darah miskin oksigen. Lubang dapat terbentuk di dinding antara ruang jantung atau di antara pembuluh darah utama yang keluar meninggalkan jantung. Lubang di dinding penyekat menyebabkan tercampurnya darah kaya oksigen dengan darah miskin oksigen. Jika lubang cukup besar dan banyak darah yang tercampur, darah yang dihantarkan ke tubuh anak Anda tidak akan membawa oksigen sebanyak oksigen normal.

Kurangnya oksigen di tubuh anak Anda akan menyebabkan kulit atau kuku anak menjadi kebiruan. Bayi dan anak juga dapat menunjukan gejala pembengkakan jantung seperti sesak napas, rewel, dan bengkak pada kaki, akibat darah kaya dan miskin oksigen membanjiri paru-paru.

Jantung bocor merupakan kelainan jantung bawaan tersering. Hal yang termasuk dalam jantung bocor antara lain:

  • Defek septum ventrikel adalah adanya lubang di dinding antara ruang jantung bagian bawah (bilik) kiri dan kanan sedangkan defek septum atrium adalah adanya lubang diantara dinding pembatas ruangan jantung bagian atas kanan dan kiri (serambi).
  • Paten duktus arteriosus merupakan suatu kondisi yang menyebabkan terbukanya lubang antara arteri pulmonalis (pembuluh darah paru yang miskin oksigen) dengan aorta (pembuluh darah yang mengandung darah kaya oksigen). Sebelum lahir, pembuluh darah ini dihubungkan oleh duktus arteriosus. Duktus arteriosus merupakan bagian penting dalam sirkulasi darah janin. Beberapa menit hingga hari setelah lahir, duktus arteriosus akan menutup dengan sendirinya. Pada beberapa bayi, duktus arteriosus tetap terbuka (paten). Hal ini menyebabkan bercampurnya darah kaya oksigen dari aorta dengan darah miskin oksigen dari arteri pulmonalis.
2 dari 6 halaman

2. Kelainan Katup (Klep) Jantung

kelainan jantungKetika klep jantung tidak dapat membuka atau menutup dengan sempurna makan aliran darah dapat terganggu.

Hambatan aliran darah dapat terjadi akibat penyempitan klep atau pembuluh darah jantung. Kelainan klep yang menyebabkan klep tidak dapat membuka sempurna disebut dengan stenosis. Kekakuan dapat menyerang ke empat buah klep jantung. Kondisi yang paling sering menyebabkan hambatan aliran darah adalah stenosis (kekauan) katup (klep) pulmonal. Stenosis katup pulmonal menyebabkan berkurangnya aliran darah ke paru-paru akibat terhambatnya aliran darah dari bilik kanan (ruang jantung bagian bawah) ke paru-paru. Tipe lain adalah stenosis aorta (pembuluh darah yang mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh), jika terjadi kekauan pada klep aorta dapat menyebabkan berkurangnya jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh. Akibatnya jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan hambatan aliran adalah atresia atau dengan kata lain tidak terbentuknya katup sehingga darah tidak dapat mengalir melalui katup.

Sebaliknya jika klep tidak dapat menutup sempurna disebut dengan regurgitasi. Regurgitasi menyebabkan aliran darah balik melalui klep sehingga jumlah darah yang dialirkan ke paru atau seluruh tubuh menjadi berkurang.

3 dari 6 halaman

3. Kelainan Pembuluh Darah

penyakit jantung bawaanKelainan pembuluh darah yang terjadi pada PJB dapat meliputi kelainan letak atau pembuluh darah tidak terbentuk sempurna. Sebuah kelainan yang disebut dengan transposisi arteri besar merupakan kondisi dimana tertukarnya posisi antara aorta dengan arteri pulmonal sehingga darah yang miskin oksigen akan disalurkan ke seluruh tubuh melalui aorta. Kondisi lain yang disebut sebagai koarktasio aorta adalah nama lain dari penyempitan pembuluh darah aorta. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

4 dari 6 halaman

4. Perkembangan Tidak Sempurna

Beberapa bagian jantung dapat berkembang tidak sempurna. Sebagai contoh adalah tidak berkembanganya bagian jantung kiri sehingga dibutuhkan usaha lebih untuk memompa darah ke seluruh tubuh. hypoplastic

5 dari 6 halaman

5. Kombinasi Beberapa Kelainan

jantungSebagian bayi dapat lahir dengan gabungan beberapa kelainan jantung. Kelainan jantungkompleks tersering adalah Tetralogy of Fallot (TOF). Penyakit ini mencakup 4 kelainan jantung antara lain; lubang di antara dinding penyekat ruang jantung bawah, hambatan aliran antara bilik (ruang jantung bagian bawah) kanan dengan arteri pulmonalis (pembuluh darah paru), pergeseran letak aorta (aorta mengangkang) dan penebalan otot bilik kanan. Bayi dan anak yang menderita TOF memiliki gejala biru yang cukup berat. TOF harus diperbaiki melalui operasi jantung, baik segera setelah lahir atau dikemudian hari saat bayi. Saat ini TOF dioperasi sejak usia dini untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

1 Komentar