Berita Kesehatan

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Klikdokter, 13 Sep 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Indonesia dihadapi ancaman kian banyaknya kasus Alzheimer, di 2013 lalu sendiri penderita Alzheimer sudah mencapai angka kisaran 1 juta penderita. Kini harapan baru muncul, otak dapat diregenerasikan melalui terapi stem cells. Simak liputan acara dr. Boenjamin Setiawan Distingueshed Lecture Series 2014 disini.

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Klikdokter.com – Indonesia dihadapi ancaman kian banyaknya kasus Alzheimer, di 2013 lalu sendiri penderita Alzheimer sudah mencapai angka kisaran 1 juta penderita. Belum lagi kasus neurodegenerative lainnya macam Parkinson dan Amyotrophic lateral sclerosis (ALS).  

Berkenaan dengan hal tersebut, PT. Kalbe Farma, Tbk (Kalbe) hari ini menyelenggarakan puncak program edukasi dr. Boenjamin Setiawan Distinguished Lecture Series 2014 di Hotel Four Seasons Jakarta. Dimana penyelenggaraan rutin yang menginjak tahun kedua ini mengambil fokus mengenai update dalam bidang terapi sel dan neuroscience.

 

"Regenerasi otak dengan stem cells sangat menjanjikan dan memberikan harapan baru bagi pasien penderita Parkinson's, Huntington's disease, dementia (kepikunan), Alzheimer, bahkan ALS," buka Prof. Ole Isacson, MD, PhD. dari Harvard Medical School dalam kesempatan kuliah umum "Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury" pada program edukasi yang diselenggarakan Kalbe tersebut.

“Sedikitnya 4% dari penduduk AS menderita Alzheimer. Untuk mengatasi ini, sudah jutaan dollar AS telah dihabiskan untuk riset dan penelitian guna mengantisipasi alzheimer. Salah satunya adalah untuk regenerasi sel otak melalui stem cell," demikian tutur dr. Boenjamin Setiawan, PhD. ketika membuka acara tersebut.

"Saya setuju dengan apa yang disampaikan dr. Boenjamin sebelumnya, bahwa penanggulangan masalah kesehatan dan degenerasi otak dengan penanggulangan sel punca (stem cells) seyogyanya harus dipikirkan secara terpadu oleh semua pihak, diantaranya melibatkan dari pihak instansi pendidikan (universitas), pemerintah dan otoritas kesehatan, pihak swasta sekaligus komnitas di masyarakat," jelas Prof. dr. Teguh Asaad Suhatno Ranakusuma, Sp.S.(K). ketika membuka kuliah umum Role of Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury, pada kesempatan yang sama.

Acara puncak dr. Boenjamin Setiawan Distingueshed Lecture Series yang diselenggarakan pada hari ini menghadirkan pembicara utama Prof. Ole Isacson, MD, Ph.D (Professor of Neurology, dari Harvard Medical School & Director of the Center for Neuroregeneration Research), Tristan Belmont, Ph.D, (Chief Scientist Stemedica International), Prof. Gavin S. Dawe, Ph.D.,(associate Professore Natinal University of Singapore), Prof. dr. H. Jusuf Misbach, Sp.S., dan dr. Fenny L. Yudiato, Ph.D.

Sel PuncaStem Cells

Konsultasi Dokter Terkait