Sukses

5 Mitos Kebersihan Makanan

Asal makanan disimpan di kulkas, makanan tidak akan menjadi masalah. Benarkah demikian? Simak penjelasan dr. Puti Naindra Alevia disini.

Klikdokter.com - Kadang kesalahan kecil dapat memiliki dampak yang besar. Sama halnya dengan keamanan makanan. Satu kesalahan kecil dalam penyimpanan makanan misalnya dapat menyebabkan penyakit yang serius. Beberapa mikrobateria seperti Salmonella hanya membutuhkan 15 – 20 sel dalam makanan yang kurang matang untuk menyebabkan keracunan makanan. (Baca: Inilah Penyebab Utama Berat Badan Naik Ketika Lebran)

 

Simaklah 5 mitos mengenai penyimpanan dan keamanan makanan di bawah ini:

 

1.       Asal disimpan dalam kulkas, makanan sisa tidak akan bermasalah.

Masalahnya, bakteri dapat tumbuh pada makanan 2 jam setelah dimasak. Jadi, pertimbangkanlah aturan ‘2 jam’ ini sebelum membawa pulang makanan sisa dari restoran. Bila makanan disimpan dalam kulkas dalam jangka waktu 2 jam, makanan tersebut masih dapat dimakan selama 4 hari ke depan.

2.       Bila makanan tidak berbau aneh dan rasanya masih enak maka makanan tersebut aman.

Tidak semua bakteri menyebabkan perubahan bau dan rasa tersebut. Pelajarilah cara penyimpanan berbagai jenis makanan. Pastikan kulkas Anda dalam suhu yang tepat.

3.       Selama belum mencapai masa ekspirasi, makanan aman untuk dimakan.

Berbeda dengan susu formula, tidak ada aturan mengenai tanggal ekspirasi makanan dan umumnya berkaitan dengan kualitas bukan keamanan. Karena itu penting untuk mengetahui cara penanganan dan penyimpanan makanan yang benar.

4.       Daging mentah harus selalu dicuci.

Mencuci daging mentah justru dapat tersebar dalam dapur saat daging tersebut dicuci. Jadi, sebaiknya daging tidak usah dicuci.

5.       Hanya daging yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sayuran hijau adalah penyebab tersering keracunan makanan. Pilih sayuran dengan hati-hati, cucilah dengan air mengalir, dan keringkan. Buang bagian terluar sayuran.

 

Hal yang pasti, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memegang makanan. Dengan meluangkan waktu kurang dari 5 menit saja untuk mencuci tangan, risiko sakit pun berkurang. (Baca: Bagaimana Mencuci Tangan yang Benar?)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](PNA)

 

Baca juga:

Tetap Fit Saat Lebaran & Mudik dengan Saripati Ayam

4 Masalah Tubuh yang Biasa Muncul Saat Mudik

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

 

Ditulis oleh:
dr. Puti Naindra Alevia
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar