Sukses

7 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orangtua adalah sumber referensi utama perilaku bagi anak. Oleh karena itu jika kita ingin memiliki perilaku anak yang baik maka berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu. Perilaku apa saja dari kita yang berdampak pada anak? Simak selengkapnya dari dr. Dyah Novita Anggraini disini.

Klikdokter.com – Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orangtua adalah sumber referensi utama perilaku bagi anak. Oleh karena itu jika kita ingin memiliki perilaku anak yang baik maka berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu dengan membiasakan diri berperilaku baik sebelum meminta anak menjadi baik. (Baca: 5 Manfaat Kesehatan Anak Jika Makan Malam Bersama Keluarga)

Berikut adalah kebiasaan orangtua yang menghasilkan perilaku buruk pada anak

1.       Emosional

Hindari kebiasaan emosional seperti cepat marah kepada anak, karena anak cenderung percaya bahwa hal buruk yang menyebabkan Anda marah karena kesalahan mereka.

2.       Hindari sikap mengancam

Perintah tanpa adanya komunikasi yang baik dengan cara memandang wajah anak saat berbicara akan berpengaruh buruk pada anak. Jika hendak memberitahu bahwa anak salah sebaiknya Anda berbicara dengan menatap anak dengan lembut dan perlihatkan ekspresi bahwa Anda tidak suka dengan apa yang dia lakukan. (Baca: Pukulan Fisik Dapat Menurunkan IQ Anak).

3.       Memberikan predikat yang buruk

Kebiasaan memberikan predikat yang buruk pada anak akan berdampak psikologis yang buruk pada anak. Anak akan menjadi tidak percaya diri, minder merasa bodoh dan anak akan merasa benci pada dirinya sendiri. (Baca: Perilaku Orangtua Pengaruhi Keberhasilan Kesehatan Gigi Anak)

4.       Lebih menekankan pada hal yang buruk daripada yang baik

Sebagai contoh jika anak berbuat salah orangtua langsung memarahi sedangkan pada saat dia berbuat kebaikan dianggap hal biasa dan tidak ada ucapan penghargaan kepada anak. Sikap yang lebih memperhatikan kesalahan anak bisa memicu anak untuk mengulangi kesalahan atau melakukan hal buruk yang lain. Mengapa demikian ? karena anak akan menganggap dengan melakukan kesalahan, orang tua lebih memerhatikan mereka.

5.       Berbohong demi kebaikan

Apapun alasannya,berbohong bukanlah suatu hal yang baik,apalagi jika melakukannya di depan anak atau membohongi anak secara langsung.

6.       Menyuruh untuk menjaga rahasia dari pasangan

Menyuruh anak untuk menjaga rahasia dari pasangan Anda dengan mengiming imingin sesuatu kepada anak bukanlah hal yang baik. Anak nantinya akan menganggap bahwa berbohong untuk menjaga perasaan orang lain adalah tindakan yang wajar

7.       Terlalu sering memegang gadget

Sebaiknya saat sedang bersama anak, simpanlah gadget Anda dan bermainlah dengan dengan anak Anda. Kebiasaan yang selalu memegang gadget menciptakan kebiasaan anak untuk trus bermain gadget dan mengubah pola pikir anak bahwa kegiatan di luar rumah untuk bermain dengan teman sebaya tidak penting karena bermain gadget jauh lebih menyenangkan. (Baca: 6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget).

Jika salah satu kebiasaan di atas pernah Anda lakukan marilah kita menghentikan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan kebiasaan baik demi masa depan anak kita tercinta.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](DNA)

 

Ditulis oleh:

dr.Dyah Novita Anggraini

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar