Sukses

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Apakah sauna hanya sekedar gaya hidup? Atau justru memiliki manfaat tertentu? Simak penjelasan selengkapnya disini bersama dr. Adithia Kwee.

Klikdokter.com - Entah sejak kapan persisnya sauna dikenal di Indonesia, namun tren sauna dapat kita katakana salah satu tren yang tak lekang oleh waktu, dulu hingga hari ini, fasilitas sauna dapat kita temukan dimana-mana, penggunanya pun tetap mencintai fasilitas yang bersuhu tinggi ini meskipun dapat kita katakan hari hari ini banyak sekali variasi fasilitas sejenis yang tersedia, apa rahasia dibalik kelanggengan sauna? Apakah sauna hanya sekedar gaya hidup? Atau justru memiliki manfaat tertentu?

Jika Anda bertanya kepada para konsumen sauna, beragam jawaban akan Anda dapatkan ketika ditanya mengapa mereka memilih bersauna, mulai dari jawaban sebagai sarana berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati atmosfer panas yang membuat tubuh serasa dimanjakan setelah selesai bersauna. Jawaban-jawaban tersebut dapat Anda temukan. Namun benarkah pendapat mereka?

Bagi kami jawaban pertama menarik perhatian, banyak sekali konsumen sauna yang menganggap mereka serta merta tidak perlu melakukan olahraga karena telah menunaikan rutinitas sauna mereka. (Baca: Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Anda)

Sauna tentunya berbeda dengan kegiatan olahraga yang sesungguhnya, mari kita pikirkan sekali lagi, mereka yang menganggap sauna sebagai bentuk olahraga adalah karena keringat yang mereka rasakan mengalir keluar dari tubuh mereka, namun olahraga tidak selalu tentang seberapa banyak Anda berkeringat. (Baca: 3 Tanda Anda Dehidrasi)

Namun yang terjadi di dalam bilik sauna adalah suhu tinggi yang membuat tubuh kita berada dalam kondisi yang terlalu panas, perlu Anda ketahui tubuh manusia memiliki mekanisme pengaturan panas, ketika terlalu panas tubuh kita akan berusaha melepas panas itu dan menurunkan suhu tubuh, salah satu caranya adalah dengan melebarnya pembuluh darah, lalu panas pun menguap, dan keluar melalui bentuk keringat.

Secara harfiah ketika manusia berkeringat memang dapat kita katakan sebagain cairan tubuh sedang dikeluarkan, dan bobot tubuh dapat sedikit sekali berkurang karena cairan yang keluar ini, namun dibandingkan dengan olahraga, tentunya, olahraga yang sesungguhnya jauh lebih banyak membakar kalori.

Kami tidak mengatakan sauna tidak baik untuk dimasukkan sebagai agenda rutin Anda, sama sekali tidak. Sauna baik jika dilakukan pada saat yang tepat dan durasi waktu yang wajar, misalnya 10-15 menit sehari. Jadi jika Anda menyukai sauna, sebaiknya jangan lupakan aktivitas olahraga Anda yang lain!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat![](AK)

 
Baca juga:
 
Ditulis oleh:
dr. Adithia Kwee
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar