Diet dan Nutrisi

Mau Mengecilkan Perut? Coba Ganti Konsumsi Lemakmu!

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 28 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak selalu buruk, ternyata ada lemak yang baik dan bisa membantu mengecilkan perutmu! Lemak apa itu? Simak lengkapnya berikut ini!

Mau Mengecilkan Perut? Coba Ganti Konsumsi Lemakmu!

Makanan berlemak selalu dituding menjadi dalang utama perut buncit. Padahal, tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Salah satu cara mengecilkan perut yang mungkin tak kamu sangka adalah konsumsi lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh justru diteliti menawarkan beberapa manfaat dan bisa menjadi opsi makanan untuk mengecilkan perut buncit.

Mengecilkan Perut dengan Lemak Tak Jenuh

Ini Alasan Mengapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah

Inilah saatnya untuk memperhatikan jenis lemak apa yang kamu makan, bukan memikirkan seberapa banyak kandungan lemak pada makanan.

Menurut peneliti dari Uppsala University, Swedia, mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, mentega, dan lain-lain dapat menyebabkan lemak berakumulasi di daerah perut dan organ-organ penting seperti hati. 

Artikel lainnya: Tubuh Kekurangan Lemak, Apa Dampaknya bagi Kesehatan?

Sedangkan, lemak tak jenuh justru dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan meningkatkan massa otot.

Lemak tak jenuh adalah lemak yang memiliki ikatan rangkap dalam struktur kimianya. Asam lemak tak jenuh tunggal atau Monounsaturated Fat Acids (MUFAs) adalah jenis lemak tak jenuh yang hanya memiliki satu ikatan rangkap.

Asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) adalah jenis lemak sehat yang paling banyak ditemukan di dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa makanan hewani.

Pola makan tinggi lemak tak jenuh tunggal dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, asalkan tidak ada penambahan kalori ekstra untuk asupan harian.

Ada beberapa jenis MUFA, yaitu asam oleat, asam palmitoleat, dan asam vaksenat. Banyak makanan mengandung MUFA, tetapi sebagian besar terdiri dari kombinasi lemak yang berbeda. 

Ada sangat sedikit makanan yang hanya mengandung satu jenis lemak. Misalnya, minyak zaitun sangat tinggi kandungan MUFA dan jenis lemak lainnya.

Semua jenis lemak memberikan jumlah energi yang sama, yaitu 9 kalori per gram. Karbohidrat dan protein menyediakan 4 kalori per gram. 

Artikel lainnya: Jumlah Kebutuhan Lemak Harian Menurut Usia

Oleh karena itu, mengurangi jumlah lemak dalam pola makan bisa menjadi cara mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan yang efektif.

Diet dengan lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah sedang hingga tinggi dapat membantu menurunkan berat badan, selama kamu tidak mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang kamu bakar. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan, ketika asupan kalori tetap sama, diet tinggi MUFA menyebabkan penurunan berat badan yang mirip diet rendah lemak.

Sebuah penelitian pada 124 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menemukan, mengonsumsi makanan tinggi MUFA (20 persen dari total kalori) atau diet tinggi karbohidrat selama 1 tahun menyebabkan penurunan berat badan yang sebanding sekitar 4 kg.

Oleh karena itu, diet tinggi MUFA dipercaya bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif saat mengganti kalori lain, ketimbang menambahkan kalori ekstra ke dalam makanan.

Makanan mengandung lemak tak jenuh berpotensi menawarkan manfaat lebih. Dengan syarat, lemak tak jenuh tidak melewati berbagai proses pengolahan makanan.

Kemudian, American Heart Association merekomendasikan konsumsi lemak jenuh harus dibatasi kurang dari 10 persen dari total asupan kalori harian. 

Hal itu berlaku meskipun beberapa lemak jenuh seperti pada susu mungkin tidak memiliki efek negatif yang sama seperti lemak jenuh lainnya, misalnya di dalam daging merah. 

Artikel lainnya: Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Tips Konsumsi Lemak untuk Mengecilkan Perut

Ilustrasi Konsumsi Alpukat saat Menyusui

Sumber MUFA terbaik adalah makanan nabati, termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Senyawa ini juga dapat ditemukan di dalam daging dan makanan hewani lainnya.

Faktanya, beberapa bukti menunjukkan sumber MUFA nabati, terutama minyak zaitun, lebih disukai dibanding sumber hewani. Hal ini mungkin karena komponen bermanfaat tambahan di dalam minyak zaitun.

Berikut ini daftar makanan yang membantu mengecilkan perut buncit dalam porsi 100 gram, beserta kadar kandungan MUFA di dalamnya:

  • Minyak zaitun: 73,1 gram
  • Kacang almond: 33,6 gram
  • Kacang mete: 27,3 gram
  • Kacang tanah: 24,7 gram
  • Kacang pistachio: 24,2 gram
  • Zaitun: 15 gram
  • Biji labu: 13,1 gram
  • Alpukat: 9,8 gram
  • Biji bunga matahari: 9,5 gram
  • Telur: 4 gram

Makanan mengandung MUFA, terutama minyak zaitun, juga dapat membantu mengurangi risiko kanker, peradangan, dan resistensi insulin

Mengonsumsi jenis lemak lain juga penting. Namun, mengganti asupan lemak jahat dengan MUFA dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Ingin tahu tips mengecilkan perut yang efektif dan aman? Konsultasi dengan dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter! Kamu juga bisa cek BB ideal pakai Kalkulator BMI.

(FR/JKT)

Lemak

Konsultasi Dokter Terkait