Sukses

3 Tips Membeli Makanan Kaleng ala Dokter

Anda biasa membeli makanan kalengan untuk stok makanan di rumah? Sudah saatnya Anda mulai memperhatikan beberapa poin penting berikut ala dokter yang dipaparkan oleh dr. Adithia Kwee berikut ini.

Klikdokter.com - Bila kita berbelanja di pasar swalayan dapat kita temukan banyak sekali produk yang dikemas dalam kaleng. Dari makanan seperti kornet, buah, sampai minuman seperti minuman bersoda, kopi, dan susu kini banyak sekali dijual dalam kemasan kalengan.

Kemasan kaleng ini tentu membuat makanan dan minuman menjadi tahan lama karena disimpan dalam wadah yang kedap udara, lebih aman bila dalam pengepakan terjadi benturan atau tertekan sehingga kemasan tidak mudah rusak, juga kemasan menjadi lebih menarik pembeli untuk membeli produk tersebut.

Namun jangan lupa ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli makanan atau minuman kalengan.

1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Pertama, perhatikanlah tanggal kadaluarsa yang tertera pada badan kaleng. Bila tidak terdapat tanggal kadaluarsa, Anda sebaiknya jangan membeli produk tersebut karena produk yang sudah melewati tanggal kadaluarsa akan berbahaya bagi kesehatan bila tetap dikonsumsi.

 2. Lap atau Mencuci Kaleng Dahulu

Lalu sebelum membuka kaleng makanan atau minuman, ingatlah untuk mencuci atau mengelap kaleng terlebih dahulu. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Makanan dan minuman kaleng tersebut dalam tempat penyimpanannya di gudang penyimpanan makanan sangat mungkin terkontaminasi oleh tikus, baik itu air seni ataupun kotorannya. Hal tersebut dapat menjadi sumber penularan penyakit leptospirosis. Kita tentunya tidak mengetahui kaleng mana saja yang sudah terkontaminasi, sehingga alangkah baiknya jika setiap kita membeli produk kalengan untuk selalu ingat mencucinya terlebih dahulu guna menghilangkan kotoran yang menempel.

 3. Periksa Kondisi Kaleng

Kemudian jangan lupa untuk memeriksa keutuhan kaleng kemasan. Perhatikan apakah kaleng bocor, dalam keadaan rusak, atau penyok. Bila Anda menemukan kaleng kemasan dalam keadaan sudah tidak baik, jangan sekali-sekali membelinya karena bisa saja sudah terjadi kontaminasi bakteri dalam kaleng tersebut. (Baca: 10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya)

Setelah membaca artikel ini Anda sudah tahu bukan langkah apa saja yang harus dilakukan jika akan membeli makanan atau minuman dalam kaleng? Lebih baik kita mencegah daripada mengobati, maka telitilah dalam membeli.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](AK)

 

Baca juga:

5 Cara Makan Gorengan yang Sehat

5 Rahasia Kesehatan Es Krim

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar