Kanker

Kanker Getah Bening Olga Syahputra

Klikdokter, 19 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebenarnya apa itu kelenjar getah bening? Bagaimana dapat terserang kanker? Apa saja gejalanya? Simak disini selengkapnya.

Kanker Getah Bening Olga Syahputra

Klikdokter.com – Setelah mendapati sms dari Tika Bisono, sejumlah wartawan langsung memberitakan perihal kondisi Olga Syahputra terakhir di Singapura. Berikut adalah kutipan sms dari Tika Bisono yang dkirim ke beberapa wartawan yang terlansir di Beritasatu.com:

"Info dr relawan kanker RSPP Yanthi Razalie: Rekan2 Yth, Tolong bantu mendoakan OLGA SYAHPUTRA, yang sedang terkena KANKER Getah Bening Stadium 4, sudah menyerang ke otak dan selama sebulan ini koma, sesudah menjalani kemo di RS Mount Elizabeth Singapore. Semoga ALLAH memberikan Yang Terbaik untuk Olga Syahputra, dimudahkan jalannya, dilancarkan urusannya, diredakan sakitnya, diringankan bebannya, dan jika saatnya tiba bisa khusnul khotimah, aamiiin yra. Terima kasih Salam Tika Bisono," tulis Tika

Sebenarnya Apa Itu Kelenjar Getah Bening?

Pada tubuh kita tersebar sedikitnya 600 kelenjar getah bening di daerah-daerah tertentu Fungsinya adalah membantu sistem pertahanan tubuh dalam meproduksi leukosit, yang menjadi faktor penentu mekanisme daya tahan tubuh. Ketika kelenjar getah bening mengalami gangguan, maka mekanisme daya tahan tubuh akan turut terganggu pula fungsinya.

Kelenjar getah bening adanya di area bawah rahang (sub-mandibular), ketika, lipat paha, selangkangan, belakang telinga dan daerah lainnya.

Apa Pula Itu Kanker Kelenjar Getah Bening?

Ketika kelenjar getah bening mengalami kanker, maka yang terjadi adalah sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Pada beberapa kondisi, karena pertumbuhan sel yang abnormal yang ada tersebut menjadikan muncul benjolan di beberapa titik tubuh yang terdapat posisi kelenjar getah bening. Akibatnya, mekanisme daya tahan tubuh menjadi terganggu.

Gejalanya?

Kondisi yang muncul akibat gangguan kelenjar getah bening adalah lemas dan lemah tubuh, diikuti munculnya benjolan di daerah tertentu yang terdapat kelenjar getah bening tersebut. Pada beberapa kondisi diikuti juga demam 

Apa yang Menyebabkan Bisa Kanker Kelenjar Getah Bening?

Banyak faktor yang mencetus kondisi kanker kelenjar getah bening. Diantaranya adalah:

Gaya Hidup

Ketika bicara faktor gaya hidup, banyak hal yang dimaksud. Diantaranya adalah kurang seimbangnya waktu aktivitas dengan kebutuhan istirahat. Gaya hidup merokok juga menjadi pencetus, pasalnya banyak zat karsinogenik yang berpotensi mencetus kanker dari rokok.

Pola Makan

Pola makan yang berbahaya adalah pola makan yang sering mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki zat karsinogenik yang memicu radikal bebas. Zat semacam ini banyak didapat dari makanan yang diproses bakar hingga hangus kehitaman.

Faktor Genetika

Meskipun perlu dikonfirmasi lebih lanjut, faktor keturunan juga berpotensi berperan. Pasalnya hampir semua kanker berpotensi untuk diturunkan ke generasi berikutnya. Terutama jika memiliki gaya hidup yang kurang mendukung pencegahan kanker.

Infeksi Virus

Beberapa kondisi infeksi virus yang dapat mencetus adalah:

o  Virus Cytomegalovirus (CMV)

o  Virus Eppstein-Barr Virus (EBV)

Bagaimana Mencegahnya?

Selain menghindari faktor pencetus yang ada, pada prinsipnya kanker dapat dihindari dengan adalah mendeteksi dini. Karena semakin dini kanker ditemukan, akan semakin mudah penanganan yang ada.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(DA)

 

Kanker Getah Bening Olga Syahputra

Konsultasi Dokter Terkait