Kesehatan Umum

6 Cara Bikin Rumah Sehat

dr. Nadia Octavia, 12 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda atau anak Anda sering mengalami alergi atau bersin-bersin? Hati-hati, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh karena atmosfer udara di dalam rumah Anda kurang bersih dan sehat. Ketahui tips berikut ini dari dr. Nadia Octavia disini.

6 Cara Bikin Rumah Sehat

Klikdokter.com - Anda atau anak Anda sering mengalami alergi atau bersin-bersin? Hati-hati, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh karena atmosfer udara di dalam rumah Anda kurang bersih dan sehat. Ketahui tips berikut ini:

1. Ganti pakaian Anda dan mandi setiap kali Anda dari bepergian

Meskipun Anda tidak merasa kotor, serbuk bunga, bakteri maupun debu dapat menempel pada rambut dan pakaian Anda dan dapat mengiritasi hidung dan mata Anda. Gantilah pakaian Anda dengan pakaian yang bersih dan cucilah selalu tangan dan kaki Anda setiap kali masuk rumah.

2. Jangan menyiram tanaman berlebihan

Hal ini berlaku terutama pada tanaman yang ada di dalam rumah. Penyiraman yang berlebihan dapat berkontribusi pada pertumbuhan lumut dan tumpahan air pada lantai juga akan menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut. Letakkan batu-batuan di atas tanah dalam pot untuk mencegah lumut mencemari udara.

3. Cucilah sprei dengan air panas setiap minggu

Cara terbaik untuk membunuh debu dan parasit, salah satunya adalah dengan mencuci dan merendam sprei serta sarung bantal Anda dengan air panas.

4. Gunakan keset dari serat sintetis

Keset yang terbuat dari serat natural seperti rotan atau bambu dapat menjadi "makanan" dari jamur, lumut dan parasit. Cucilah selalu keset Anda setiap minggu.

5. Tinggalkan sepatu di luar pintu

Menggunakan sepatu di dalam rumah dapat membawa debu, jamur, serbuk bunga ke setiap ruangan di dalam rumah Anda. Tempatkan sepatu Anda di luar untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah. 

6. Jaga kebersihan binatang peliharaan Anda

Mandikan binatang peliharaan Anda secara rutin untuk membersihkan dari debu dan bakteri.

 Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat![](NO)

rumah sehat

Konsultasi Dokter Terkait