Sukses

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Meningitis ini jika ditangani dengan tepat memiliki prospek yang baik ke depannya untuk pasien dapat sembuh, namun jika terlambat ditangani, kematian bisa jadi salah satu akibat yang ditimbulkan oleh meningitis. Bagaimana penanganan meningitis? Simak selengkapnya bersama dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Dunia selebritas baru-baru ini dikejutkan dengan kabar yang kurang mengenakkan, Olga Syahputra, selebriti yang sedang naik daun di tanah air, dikabarkan dirawat di sebuah ruang ICU rumah sakit Jakarta. Olga, yang kita kenal sebagai presenter acara Dahsyat ini, lemas tak berdaya akibat penyakit meningitis yang dideritanya.

Berbahayakah penyakit ini?

Sebelum itu, ada baiknya kita mengenali apa itu meningitis. Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan –itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya.

Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umumnya seperti suhu tubuh yang kian tinggi.

Meningitis ini jika ditangani dengan tepat memiliki prospek yang baik ke depannya untuk pasien dapat sembuh, namun jika terlambat ditangani, kematian bisa jadi salah satu akibat yang ditimbulkan oleh meningitis. Mari kita semua berdoa buat kesembuhan Olga, agar ia bisa kembali mengundang gelak tawa kita semua.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat![](AK)

Baca juga:

 
Ditulis oleh
dr. Adithia Kwee
Anggota Dewan Redaksi Medis
Klikdokter.com  

0 Komentar

Belum ada komentar