Kesehatan Umum

Perawatan Paliatif, Ketika Harapan Sembuh Sirna

dr. Adithia Kwee, 04 Jun 2014

Ditinjau Oleh dr. Adithia Kwee

Anda sudah dengar tentang istilah perawatan paliatif? Kalau belum, artikel ini penting untuk Anda. Dimana peran dokter bukan hanya melulu menyembuhkan, tetapi juga membuat pasien nyaman dalam keadaan apapun, termasuk dalam waktu-waktu terakhir kehidupan seorang pasien.

Perawatan Paliatif, Ketika Harapan Sembuh Sirna

Dalam dunia kesehatan, setiap aparat kesehatan, dokter, perawat, bertarung untuk menyelamatkan nyawa pasien. Namun dokter pun tetaplah manusia, bukan Tuhan yang menentukan hidup dan mati seseorang, ataupun sembuh dan sakitnya seseorang. Dokter hanyalah dokter. Dalam menghadapi pasien yang harapan hidupnya kecil, dunia kedokteran memiliki istilah perawatan paliatif.

Perawatan paliatif ini berlawanan dengan perawatan kuratif yang bertujuan untuk menyembuhkan (kuratif; dari kata cure), melainkan bagaimana kita mengusahakan kualitas hidup terbaik bagi pasien di akhir hidupnya. Lalu apa perbedaannya?

Pada perawatan kuratif dokter akan fokus dalam mengobati sebab atau sumber penyakit pasien, yang artinya efek samping terkadang dibiarkan terjadi walaupun membuat pasien sedikit menderita, karena diharapkan dengan sedikit ‘pengorbanan’ ini, bisa terjadi kesembuhan.

Namun tidaklah demikian pada perawatan paliatif. Perawatan ini mengutamakan kenyamanan pasien, terutama nyaman dalam absennya rasa sakit yang terus menerus dirasakan.

Pada pasien kanker stadium akhir misalnya, dokter yang memutuskan untuk merawat secara paliatif akan memberikan obat penahan sakit dan mungkin oksigen, tetapi sama sekali bukan kemoterapi, karena seperti kita ketahui kemoterapi memberikan efek samping yang begitu menyiksa pasien, mual dan muntah misalnya.

Sedikit masyarakat kita yang memahami pentingnya perawatan paliatif ini, karena itu mulai hari ini kita mendapat paradigma baru, peran dokter bukan hanya melulu menyembuhkan, tetapi juga membuat pasien nyaman dalam keadaan apapun, termasuk dalam waktu-waktu terakhir kehidupan seorang pasien.

Dengan perawatan paliatif, diharapkan pasien dan segenap keluarga siap dengan apapun yang akan terjadi di kemudian hari, sehingga ada rasa damai sejahtera dalam hati pasien.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat!

(AK)

Paliatif Pasien Koma

Konsultasi Dokter Terkait