Sukses

6 Tips Mencegah Wasir

Wasir biasanya dialami pula oleh wanita hamil pada 6 bulan terakhir kehamilan. Hal ini dikarenakan beban janin semakin berat sehingga menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Berikut beberapa tips mencegah wasir.

Klikdokter.com - Wasir adalah pembengkakan atau pendarahan di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Wasir bukanlah penyakit serius, namun patut diwaspadai. Karena jika bertambah parah bisa berujung di meja operasi.

Beberapa penyebab wasir adalah sakit diare atau sembelit yang mengakibatkan terjadinya penekanan pada anus. Selain itu kelebihan berat badan pun bisa menjadi penyebab wasir.

Wasir biasanya dialami pula oleh wanita hamil pada 6 bulan terakhir kehamilan. Hal ini dikarenakan beban janin semakin berat sehingga menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Dorongan sedikit saja di bagian anus mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya pecah sehingga terjadi wasir.

Untuk pencegahan wasir, Anda dapat lakukan:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  2. Cukupi kebutuhan makanan berserat
  3. Rutin olahraga
  4. Hindari mengejan terlampau kuat saat BAB
  5. Bagi wanita hamil, usahakan untuk berbaring selama 20 menit setiap 4 hingga 6 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan.
  6. Menjaga berat badan tidak berlebihan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](HM/DA)

Baca juga:

Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang

Menikmati Hidup Bebas Wasir

 

dyah novita anggrainiDiulas oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com 

0 Komentar

Belum ada komentar