Sukses

5 Gaya Hidup Bebas Wasir

Jangan sepelekan wasir. Gaya hidup Anda kurang sehat, wasir bisa datang kembali. Bila didiamkan, wasir bisa berbahaya dan harus dilakukan tindakan operasi untuk menghilangkannya. Gaya hidup seperti apa yang dapat mencegah wasir datang kembali? Simak tips berikut ini:

Klikdokter.com - Kalau kena wasir, hidup jadi risih. Jalan jadi tidak nyaman. Duduk jadi salah tingkah. Bahkan jika kondisi wasir kian parah, tidur pun suka tidak suka harus tengkurap.

Sebenarnya wasir bukan penyakit serius. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Dan umumnya bisa sembuh cukup dua atau tiga minggu.

Tapi jangan sepelekan wasir. Kalau gaya hidup Anda kurang sehat, wasir pun bisa datang kembali. Jangan heran jika hidup kembali susah. Bila didiamkan, pada tahap tertentu, wasir bisa berbahaya dan harus dilakukan tindakan operasi untuk menghilangkannya.

Jadi segera ubahlah gaya hidup Anda kalau tidak mau kena wasir untuk kesekiankalinya. Lalu pertanyaannya, gaya hidup seperti apa yang dapat mencegah wasir datang kembali? Simak tips berikut ini:

1. Dessert Ketika Nongkrong? Pilih Pudding dan Agar-agar!

Suka dessert kalau sedang kongkow bersama teman sejawat? Gantilah pilihan menu hidangan penutup Anda dengan puding atau agar-agar. Karena makanan ini memiliki kadar serat yang dapat membantu Anda memudahkan proses BAB dan membantu melunakkan tinja.

2. Mulailah Rutin Membawa Botol Minuman

Dengan membawa botol minuman pastikan diri Anda untuk senantiasa menjaga asupan cairan. Karena dengan terjaganya kebutuhan cairan tubuh membuat tinja menjadi lebih lunak dan memudahkan proses BAB.

3. Rutinlah Berolahraga

Tujuan untuk rutin berolahraga adalah guna mendapatkan berat badan ideal. Karena obesitas termasuk pencetus risiko wasir.

4. Kurangilah Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai dan keluarganya mengandung capsaicin, dimana akan menimbulkan sensasi panas ketika BAB dan mencetus pembengkakan pada anus. Jika demikian, maka faktor risiko terjadi wasir akan semakin tinggi. Oleh karena itu batasilah makanan pedas. 

5. Jangan Ragu dan Malu ke Dokter

Janganlah merasa malu atau sungkan bila terkena wasir. Anda bisa berkonsultasi ke dokter kalau sering kena wasir. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk menyembuhkannya. Anda pun bisa membeli obat herbal alami yang aman dan dapat diminum sehari-hari di apotek terdekat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](HM/DA

Baca juga:

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang 

 

Diulas oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar