Sukses

Diet Vegetarian Turunkan Tekanan Darah

Yokoyama, seorang dokter dari Jepang melakukan penelitian dari 250 studi mengenai manfaat diet ala vegetarian terhadap risiko penyakit kardiovaskular, hasilnya? Pola makan vegetarian dapat menurunkan tekanan darah tinggi!

Klikdokter.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol. Obat-obat darah tinggi, diet sehat, dan olahraga terbukti secara bermakna dapat menurunkan tekanan darah. Jika Anda sudah melakukan ketiga hal tersebut namun tekanan darah tetap tinggi, coba lakukan diet vegetarian. (Baca: Sehatkah Menjadi Vegetarian?)

Yokoyama, seorang dokter dari Jepang melakukan studi meta analisis dari 250 penelitian mengenai manfaat diet ala vegetarian terhadap risiko penyakit kardiovaskular, terutama tekanan darah tinggi (hipertensi). Penemuan ini menunjukkan betapa pentingnya terapi non-farmakologi dalam menurunkan tekanan darah.

Tidak seperti obat-obatan, diet ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dan semua “efek samping” dari diet ini memang diharapkan terjadi, yaitu: penurunan berat badan, penurunan kadar kolesterol darah, terkontrolnya kadar gula darah, dan sebagainya.

Penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sangat signifikan pada pasien yang menerapkan diet vegetarian dibandingkan diet omnivora. Makanan seperti daging dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

“Efek penurunan tekanan darah yang cepat pada diet ini kemungkinan karena tingginya kadar kalium dan serat dalam diet, kadar garam rendah, serta kadar lemak jenuh rendah yang dapat mengurangi plak pada pembuluh darah. Efek kedua didapatkan dari fakta bahwa diet vegetarian dapat menurunkan berat badan. Semua hal tersebut berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah” tutur Yokohama.

 Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DK)

Baca juga:

Waspada Kematian Mendadak Akibat Hipertensi

5 Bahaya Hipertensi

Yoga Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

 

dina kusumawardhaniDitulis oleh:

dr. Dina Kusumawardhani

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar