Sukses

Pentingnya Banyak Minum Saat Diare

Bila Anda sedang mengalami diare, apa yang biasanya Anda ingat untuk dilakukan pertama kali? Apakah Anda langsung mengkonsumsi obat? Padahal ada yang lebih penting dari pengobatan dalam diare, yakni minum! Simak selengkapnya disini oleh dr. Adithia Kwee

Klikdokter.com - Bila Anda sedang mengalami diare, apa yang biasanya Anda ingat untuk dilakukan pertama kali? Apakah Anda langsung mengkonsumsi obat antidiare? Atau bahkan Anda langsung mengkonsumsi antibiotik? (Baca: Antibiotika Saat Hamil, Amankah?)

 

Mengkonsumsi obat antidiare saat Anda diare memang tidak salah. Namun Anda harus mengingat hal yang jauh lebih penting untuk dilakukan, yaitu mencegah jangan sampai terjadi kekurangan cairan atau dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar saaat Anda diare. Saat Anda terserang diare Anda harus banyak minum air. Cairan yang keluar saat Anda buang air besar harus segera digantikan dengan banyak cairan yang masuk. (Baca: Wanita Lebih Rentan Dehidrasi)

Pemilihan obat antidiare pun tidak boleh sembarangan. Karena ada beberapa kandungan obat diare yang justru dapat memperparah kondisi usus Anda terutama jika diare yang menyerang Anda disebabkan oleh bakteri. (Baca: 10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya)

Pemberian antibiotik juga harus diperhatikan pada pengobatan diare. Tidak semua diare membutuhkan antibiotik. Hanya diare jenis tertentu yang membutuhkan antibiotik, seperti diare yang disertai lendir ataupun disertai darah karena diare yang demikian menandakan adanya invasi kuman ke dalam usus Anda.

Jadi harus Anda ingat, yang paling penting dalam pengobatan diare adalah mengembalikan cairan yang telah terbuang. Bila Anda kekurangan cairan, kondisi umum Anda dapat terus memburuk. Bila Anda tidak menyukai minum air putih, Anda dapat mengganti cairan dengan air teh, kuah sayur, air gula-garam, ataupun oralit. (Baca: Efek Minum Teh Pada Anak)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga: 

Permen Karet Bebas Gula Bisa Sebabkan Diare

Efek Minum Teh Pada Anak

Tips Mengatasi Keracunan Makanan

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar