Sukses

Rahasia Kecil Si Usus Buntu

Di Indonesia, banyak sekali kesalahpahaman dan salah tafsir dalam dunia kesehatan, masyarakat dihadapkan pada berbagai pemahaman yang sesat yang akhirnya malah memunculkan berbagai ketakutan, salah satu kesalahan selalu terjadi pada pengetahuan akan penyebab usus buntu, mari kita simak!

Klikdokter.com - Di Indonesia, banyak sekali kesalahpahaman dan salah tafsir dalam dunia kesehatan, masyarakat dihadapkan pada berbagai pemahaman yang sesat yang akhirnya malah memunculkan berbagai ketakutan, salah satu kesalahan selalu terjadi pada pengetahuan akan penyebab usus buntu, mari kita simak!  

Usus buntu, atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan appendix adalah bagian dari saluran pencernaan manusia. Memang sampai hari ini, belum ditemukan alasan yang jelas mengenai asal usul dan fungsi si usus kecil ini, yang jelas, kecil-kecil begini ia sering menimbulkan masalah, terutama jika terjadi peradangan padanya.

Mitos di tengah masyarakat:

“Banyak bergerak setelah makan (berlarian, melompat-lompat) dapat menyebabkan usus buntu”.

Fakta:

Tidak benar, setelah kita makan, makanan akan diolah di lambung selama kurang lebih 3-5 jam, artinya makanan bahkan belum mencapai usus halus, sedangkan usus buntu terletak di permulaan dari usus besar. Melompat-lompat setelah makan memang dapat membuat perut kita sakit karena ada peregangan lambung, tetapi sama sekali tidak ada kaitannya dengan usus buntu. (Baca: Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu!)

Penyebab usus buntu adalah jika ada kotoran/ feses yang tersangkut di dalamnya, atau benda asing lain sehingga bakteri dapat tumbuh dan menimbulkan peradangan. Jadi, semoga mulai kini Anda mengerti bahwa pergerakan setelah makan sama sekali tidak ada kaitannya dengan peradangan usus buntu. (Baca: Fakta & Mitos Usus Buntu).

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu!

Fakta Mitos Usus Buntu

Perdebatan Fungsi Usus Buntu

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar