Sukses

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

Badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) menegaskan bahwa rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya

Klikdokter.com - Badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) menegaskan bahwa rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya.  Semisal kebutuhan kalori tubuh adalah 2000 kalori, maka kebutuhan gulanya adalah 25,8 gram per hari. (Baca: Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Dari Kalori per Hari)

Hal ini memang sulit untuk dicapai namun bila dapat terpenuhi maka seseorang dapat terhindar dari konsekuensi kesehatan seperti obesitas dan kerusakan gigi.  Panduan terbaru ini lebih ketat daripada panduan sebelumnya yang menyarankan konsumsi gula terbatas hanya 10% dari total asupan kalori tubuh. Namun, WHO menegaskan bahwa semakin sedikit konsumsi gula seseorang maka makin baik dampaknya bagi kesehatan. (Baca: 10 Alasan Mengurangi Gula)

Permen dan kue-kue manis mungkin lebih mudah untuk dihindari karena kita sudah mengetahui bahwa makanan-makanan tersebut manis. Namun, ada beberapa makanan lain yang sepertinya tidak manis namun mengandung kandungan gula yang cukup tinggi.

1.          Kismis

Makanan yang dikeringkan menyebabkan kandungan gulanya menjadi lebih tinggi. Satu cangkir kismis mengandung 97,66 gram gula yang mencapai 4x kebutuhan gula sesuai rekomendasi WHO.  Tanpa disadari, konsumsi kismis dapat menyumbang kalori yang cukup besar.

2.          Chinese food

Chinese food  seperti ayam jeruk mandarin, ayam asam manis dan juga ayam asam pedas sebenarnya memiliki kandungan gula tinggi karena kandungan gula yang terdapat dalam saus sirupnya. Satu porsi sedang ayam asam manis dapat mengandung 88,13 gram gula yang mencapai 3x kebutuhan gula sesuai rekomendasi WHO. (Baca: Awas Anda Bisa Keracunan MSG)

3.          Salad sayuran

Salad sayuran yang terdiri dari kol putih dan wortel dengan saus mayonais dan cuka merupakan salad sayuran tambahan yang banyak dijumpai pada paket-paket makanan cepat saji. Pembuatannya biasanya ditambahkan gula. Satu cangkir kecil salad sayuran ini mengandung 25,87 gram gula. (Baca: Cara Makan & Masak yang Benar 3 Jenis Makanan Ini)

4.          Saus Spaghetti

Saus spaghetti juga perlu mendapat perhatian. Setengah cangkir saus spaghetti siap saji mengandung 10,38 gram gula. Bayangkan jika Anda mengkonsumsinya sepiring penuh!

5.          Yogurt

Produk yogurt rendah lemak biasanya dijual dengan tambahan gula untuk menambah rasa. Satu kemasan kecil (small cup) yogurt rendah lemak dapat mengandung 10 gram gula. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

6.          Pizza

Satu potong pizza dengan keju dapat mengandung 7,10 gram gula. Hal ini berkaitan dengan kandungan saus pizza yang ditambahkan gula. Hitunglah jumlah asupan gula Anda jika Anda mengkonsumsi beberapa potong pizza! (Baca: 5 Tips Sehat Makan Fast Food)

7.          Saus tomat

Satu sendok makan saus tomat mengandung 4 gram gula. Sepertinya tidak terlalu banyak, namun jika kita pikirkan berapa banyak konsumsi saus tomat kita sebagai saus tambahan dalam mengkonsumsi makanan utama, maka dapat diperkirakan bahwa asupan gula dari saus tomat bagi masyarakat kita termasuk tinggi. (Baca: Diet Dengan Tomat)

Jadi, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan Anda. Biasakan untuk melihat label makanan dari makanan yang Anda beli di supermarket. Mengolah bahan makanan dari bahan alami dan dimasak sendiri juga dapat menjadi solusi yang baik dalam memantau asupan makanan Anda tetap sehat!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

 

Baca juga:

Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Dari Kalori per Hari

5 Tips Sehat Makan Fast Food

10 Alasan Mengurangi Gula

 

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar