Sukses

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Apakah Anda sering mengalami mata merah? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi mata merah? Berhati-hatilah, karena penggunaan tetes mata kortikosteroid dalam waktu lama dapat mengganggu proses sirkulasi cairan mata.

Klikdokter.com - Apakah Anda sering mengalami mata merah? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi mata merah? Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan tetes mata untuk mengatasi hal tersebut? Apakah sebelum menggunakan obat tetes mata Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter? (Baca: 9 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat)

Mata merah sering terjadi di sekitar kita. Pada umumnya, orang yang sering mengalami mata merah adalah orang yang bekerja di luar ruangan sehingga sering terpapar dengan debu dan sinar matahari. Hal tersebut juga sering terjadi pada orang-orang yang matanya sensitif atau memiliki alergi. Mata merah sering pula disertai rasa gatal. Bila hanya karena iritasi ringan dan alergi, pertahanan tubuh kita mampu untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak dibutuhkan obat tetes mata apapun. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam)

Lain hal nya bila yang terjadi adalah peradangan hebat. Pada kasus seperti ini dibutuhkan tetes mata yang mengandung zat anti radang contohnya seperti kortikosteroid. Namun dalam penggunaan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid harus berhati-hati. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan tetes mata kortikosteroid dalam waktu lama dapat mengganggu proses sirkulasi cairan mata. Cairan mata diproduksi untuk melindungi dan memberi nutrisi bagi mata. Terdapat sistem sirkulasi untuk mengalirkan cairan mata. Cairan mata yang terus diproduksi dan keadaan sistem sirkulasi yang menjadi tidak lancar akibat kortikosteroid menyebabkan terjadi penumpukan cairan mata. Hal ini lama kelamaan akan meningkatkan tekanan pada bola mata. Bila hal ini tidak segera ditindaklanjuti, dapat menekan saraf mata sehingga dapat menyebabkan kebutaan. (Baca: Buta Gara-gara Gula Darah)

Hanya sekedar obat tetes mata tetapi dapat menyebabkan hal yangs serius bukan pada mata Anda? Bila hanya untuk iritasi ringan dan alergi, dapat diberikan air mata buatan atau yang mengandung antihistamin. Bila mata merah yang dialami terasa sangat mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter Anda supaya pengobatannya tepat. Sayangi mata Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

 

Baca juga:

7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh

5 Tips Mengatasi Kantung Mata

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Redaksi  Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar